HTTP Status[404] Errno [0]

SBY Bicara di Wall Street USA Tawarkan Investasi ke Indonesia

26 September 2012 01:23
SBY Bicara di Wall Street USA Tawarkan Investasi ke Indonesia
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengawali kunjungan kerjanya ke New York, Amerika Serikat, dengan menghadiri acara Indonesia Investment Day di gedung New York Stock Exchange (NYSE) Euronext, Wall Street, Senin pagi, 24 September 2012, waktu setempat atau Selasa pagi waktu Indonesia barat.

“Inilah pertama kalinya Presiden RI berbicara di sini, dan boleh dikata, Indonesia kini menguasai Wall Street kendati cuma sampai siang nanti,” kelakar Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal, saat membuka acara dengan suguhan jajanan pasar, seperti onde-onde, lemper, dan getuk lindri, itu.

CEO NYSE Euronext, Duncan L. Niederauer, sebagaimana yang dikutip dari Tempo.co pada kesempatan itu lalu bicara memuji pesatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia. Setelah itu, SBY berpidato selama 26 menit di depan sekitar 100 hadirin, meyakinkan bahwa investasi di Indonesia sangatlah menarik. “Investasi Anda tidak akan sia-sia karena perekonomian Indonesia akan tetap bertahan di tengah gejolak global. Apalagi Indonesia menawarkan peluang emas yang harus ditangkap, sekarang juga,” katanya.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia, kata SBY, bukan hal yang artifisial. “Ini asli, didasari oleh makro ekonomi yang kuat,” katanya. Contohnya, lanjut SBY, rasio utang terhadap produk domestik bruto Indonesia turun tajam dari 83 persen pada 2001 menjadi kurang dari 25 persen pada 2011. SBY lalu menyitir hasil riset sebuah lembaga internasional yang memperkirakan kelas konsumen Indonesia akan naik menjadi 135 juta orang pada 2030 dari 45 juta orang pada 2012.

Presiden sendiri tiba di New York pada Ahad pagi, 23 September 2012, waktu setempat, dengan pesawat kepresidenan, Airbus A-330-300, setelah transit di Dubai dan Paris. SBY dan rombongan lalu beristirahat di Hotel Millenium UN Plaza.

Menurut Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, SBY akan mengikuti segmen level pemuncak dalam Sidang Majelis Umum PBB ke-67, yang akan diikuti 118 kepala negara/pemerintahan, delapan wakil presiden/PM, 65 menteri, tiga wakil menteri, dan dua kuasa usaha. SBY dijadwalkan menjadi pembicara kesembilan dalam sesi debat umum itu, Selasa pagi waktu setempat.(far)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya