HTTP Status[404] Errno [0]

Lukisan Mona Lisa “Asli” Dipamerkan

29 September 2012 00:57
Lukisan Mona Lisa “Asli” Dipamerkan
ilustrasi
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Yayasan Seni dari Swiss memamerkan sebuah lukisan Mona Lisa yang menurut mereka asli dari Leonardo da Vinci dengan beberapa bukti dari peneliti AS, spesialis forensik lukisan dan pakar terkemuka mengenai Da Vinci dari Itali
Anggota dari tim itu menyatakan pada konferensi pers di Jenewa bahwa lukisan wanita yang terlihat 10 tahun lebih muda daripada gambar wanita di lukisan terkenal di Louvre, Paris, merupakan karya sang jenius Renaissance.

“Faktanya sangat luar biasa dan membuktikan keaslian karya tersebut,” kata pengacara Markus Frey, presiden dari yayasan swasta Mona Lisa yang bersikeras tidak ada kepentingan ekonomi di balik lukisan itu.

Sejarawan seni dan anggota tim Stanley Feldman, mengatakan kritikus yang telah menolak berbagai pernyataan tentang keaslian karya Leonardo versi “lebih muda” itu belum pernah melihatnya langsung.

“Kami undang mereka ke Jenewa untuk mempelajari langsung,” katanya seperti dirilis Antara.

“Hal ini benar-benar jelas bahwa baik ini maupun versi Louvre adalah salinan,” katanya menanggapi pakar Da Vinci di Inggris Martin Kemp, yang mengatakan kepada surat kabar London bahwa lukisan itu salah, termasuk cat dan kanvas di lukisan itu yang tidak menggunakan kayu, -media yang dipilih oleh seniman-, minggu lalu.

Dalam sebuah publikasi 300 halaman yang menunjukan penelitian 30 tahun lebih pada karya yang telah lama dikenal sebagai “Isleworth Mona Lisa”, yayasan berpendapat bahwa karya itu dilukis antara tahun 1503 dan 1.505 di Florence dan tidak selesai.

Direktur Museum -raksaksa Renaissance- Leonardo da Vinci di Italia Tengah dan juga ahli seni terkemuka Alessandro Vezzosi, mengatakan dia telah lama percaya mengenai keberadaan dua Mona Lisa

Karya versi yayasan, -yang dimiliki oleh konsorsium swasta sejak 2008-, tampaknya akan menjadi salah satu karya yang tercatat dalam dokumen yang sudah lama dicari dan baru ditemukan sejak 1503, kata Vezzosi, demikian Reuters (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya