HTTP Status[404] Errno [0]

Jelang Pilgub, Gubernur Rakor dengan Unsur Muspida

06 October 2012 16:39
Jelang Pilgub, Gubernur Rakor dengan Unsur Muspida
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo memimpin rapat koordinasi (Rakor) Politik dan Keamanan (Polkam) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota serta instansi terkait di ruang pola Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (27/9/2012). Acara dihadiri seluruh unsur Muspida se-Sulsel.

Penyelenggaraan ini untuk menyamakan persepsi dan langkah dalam melakukan kerja sama antara pemerintah dengan komponen yang ada. Terutama mengantisipasi terjadinya gejolak menghadapi pilkada.

Acara dihadiri sekitar 200 peserta dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Fokompida) se-Sulsel, unsur Intelijen Tingkat Daerah, Forum Komunikasi Umat Beragama, (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FKB), unsur KPU Sulsel, dan unsur Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

Turut hadir dalam rakor politik dan keamanan ini, Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’man, Ketua DPRD Sulsel HM Roem, Sekda Provinsi Sulsel Andi Muallim, Kapolda Sulselbar, Pangdam VII Wirabuan, dan Pangkoopsau.

Sementara itu, sebelumnya sebagaimana yang dirilis dari Tribun Timur online, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Dr Muhammad Alhamid, mewanti-wanti anggota Panwaslu Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel menjalankan tugasnya secara independen. Pasalnya, berdasarkan kajian bawaslu, Pilgub Sulsel 22 Januari 2013 nanti berpotensi melahirkan konflik.

“Berdasarkan kajian bawaslu, Pilkada Sulsel rawan konflik. Oleh karena itu jika pilkada ini tidak benar-benar diawasi oleh orang yang independen dan punya integritas, maka akan menjadi masalah besar,” kata Muhammad Alhamid beberapa waktu lalu.

Salah satu daerah yang rawan konflik adalah kota Makassar. Kekhawatiran Muhammad merujuk pada sejumlah kejadian “pemanasan” menjelang tahapan pilgub bergulir.

Pilgub Sulsel, incumbent Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang ditantang sejumlah pesaingnya. Atribut pasangan bakal calon Ilham Arief Sirajuddin-Abd Aziz Qahhar Mudzakkar maupun Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi telah tersebar di seantero Sulsel.

Meski demikian, Muhammad optimistis Panwaslu Sulsel menyongsong pilgub nanti, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota mampu bekerja independen, jujur dan berjalan sesuai aturan. (syahrul/gafar)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya