HTTP Status[404] Errno [0]

Cagub Sulsel harus Ciptakan Potret Demokrasi

06 October 2012 16:39
Cagub Sulsel harus Ciptakan Potret Demokrasi
Dr Firdaus Muhammad
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Dr Firdaus Muhammad

BugisPos — Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar Dr Firdaus Muhammad mengatakan, bakal calon gubernur Sulsel harus menciptakan potret demokrasi.
“Hal itu dapat dicerminkan dari perkataan dan prilakunya dalam masyarakat, termasuk dalam membuat kebijakan jika berstatus pejabat pemerintahan,” kata Firdaus di Makassar, Minggu 30/9/12

Menurut dia, pencerminan dari sikap demokratis tersebut dapat dilakukan dengan tidak membuat wacana atau kampanye yang menjatuhkan lawan politiknya (black campaign).

Hal tersebut mencermati, ramainya perbincangan pada media sosial termasuk penggunaan BBM, facebook atau twitter yang menunjukkan pasangan cagub atau tim pemenangnya berusaha saling menjatuhkan.

“Kondisi itu harus disadari, karena strategi itu memang salah satu upaya untuk menaikkan popularitas, tapi sekaligus dapat menjatuhkan popularitas bakal cagub,” ujarnya.

Menurut dia, dari tiga pasangan cagub Sulsel yakni calon incumbent gubernur dan wakil gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo – Agus Arifin Nu’mang (Sayang), incumbent Walikota Makassar H Ilahm Arief Sirajuddin berpasangan dengan anggota DPD RI Aziz Qahhar Mudzakkar, serta incumbent Bupati Sinjai H Rudiyanto Asapa dengan Andi Nawir.

Firdaus mengatakan, cagub yang akan bertarung pada Pilkada Gubernur Sulsel 22 Januari 2013, hendaknya menyikapi “black campaign” dengan sikap yang seperti dilakukan pasangan cagub DKI Jokowi – Ahok.

“Hal itu dapat ditiru, ketika disebarkan isu SARA, maka itu tidak disikapi, tetapi tetap fokus pada program yang akan dijalankan ke depan apabila terpilih menjadi pengambil kebijakan utama,” katanya seperti dirilis Antara

Dengan bersikap yang lebih bijak dan demokratis, lanjut dia, akan menjadi bahan pertimbangan pemilih yang sudah melek kehidupan berdemokrasi (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya