HTTP Status[404] Errno [0]

Membangun Infrastruktur Makassar, Terkesan Jalan Sendiri

01 October 2012 23:03
Membangun Infrastruktur Makassar, Terkesan Jalan Sendiri
Ilham Arief Sirajuddin
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Suksesnya pembangunan infrastruktur kota Makassar sangat ditentukan adanya sinergitas kerja dengan pemerintah provinsi. Sebab sebagai penentu kebijakan dalam pemberian prioritas alokasi anggaran, pemerintah provinsi mempunyai wewenang yang vital dalam menentukan daerah yang menjadi prioritas. Namun yang terjadi selama ini, pemerintah kota Makassar terkesan berjalan sendiri dalam membangun infrastruktur kota tanpa adanya sinergitas yang optimal dari pemerintah provinsi. Hal tersebut dinyatakan walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin ketika menjadi pembicara dalam Seminar Optimalisasi Peran dan Kerjasama Pemerintah, Pemerintah Daerah, BUMN dan Dunia Usaha dalam Percepatan Pembangunan Infrastruktur Kawasan Timur Indonesia, Senin (1/10) di Wisma Kalla Makassar.

Ilham menyatakan, Makassar sebagai salah satu kota Metropolitan yang mencatat pertumbuhan ekonomi lebih dari 9% selama kurun waktiu lima tahun berturut-turut seharusnya dapat menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan infrastuktur daerah Sulsel. Dukungan dana yang minim serta kurangnya sinergi provinsi dalam mendorong peningkatan dukungan dana dari pusat/nasional menjadikan kondisi infrastruktur kota khususnya jalan, pelabuhan dan jembatan masih belum optimal.

“Padahal kita telah berupaya untuk membuka akses bagi masuknya investasi dengan menyediakan berbagai kemudahan, namun tanpa adanya dukungan dan sinergi yang positif dari provinsi maka tetap saja kerja kita tidak optimal. Ini sangat terasa dalam kurun waktu empat tahun terakhir, support dari provinsi sangat minim kalau bisa dikatakan tidak ada. Selama ini dukungan dana dari pusat masih sangat terbatas, ditambah lagi beberapa proses perizinan untuk investasi juga masih harus lewat pusat, ini semua jadi kendala,” ujar Ilham.

Lebih jauh, walikota dua periode ini mencontohkan, perkembangan kota khususnya di daerah timur kota sudah sangat mendesak untuk tersedianya infrastruktur jalan yang memadai. Kawasan Pettarani saat ini menjadi salah satu titik kemacetan yang parah, bila tidak diimbangi dengan pembangunan jalan yang mendukung maka kondisi kemacetan akan semakin parah.

“Pembangunan jalan di daerah Pettarani misalnya, yang kebijakan diambil dengan cara membagi alokasi anggaran dalam 2 tahap, ini menjadikan kerja yang dilakukan tidak optimal, tidak seimbang dengan pertambahan volume kendaran yang mengakses daerah itu. Seharusnya pemerintah provinsi memberi keberpihakan pada pemkot, bukan malah melempar kritikan terus menerus,” ujar Ilham.

Meski mengalami berbagai kendala dan kurang mendapat dukungan dari provinsi, hingga saat ini pemkot tetap menjalankan pembangunan infrastruktur yang dijabarkan dalam rencana pengembangan Kawasan Tata Ruang dan Lingkungan (RTRW Makassar 2015) yang tertuang dalam Peraturan Daerah No. 6 Tahun 2006 yang meliputi, pembangunan 5 Kawasan Pengembangan, 13 kawasan terpadu, 7 kawasan khusus dan 1 kawasan prioritas pantai Losari.

“Dengan jumlah pendapatan domestik bruto (PDRB) yang berkisar Rp.43,4 T pada tahun 2011 dan pendapatan perkapita mencapai Rp. 32,2 juta pertahun dan tingkat inflasi hanya 2,68% maka Makassar sangat optimis mampu untuk mencapai visi sebagai kota keluarga (Living Room) di KTI, yang akan memberikan kontribusi dalam peningkatan kesejahtraan masyarakat tidak hanya di Makassar tapi Sulsel secara keseluruhan,” ungkap Ilham.

Selain menghadirkan Walikota Makassar, kegiatan seminar yang berlangsung hingga Selasa 2 Oktober juga mengundang Saptono Edi Wibowo yang mewakili menteri Perhubungan RI, Dr Jafar Hapsah Ketua Fraksi Demokrat MPR RI, Dr.Harry Azhar wakil ketua komisi XI DPR RI, Ir. Andi taudan Tiro anggota Komisi V DPR RI dan Dr. Bastari Panji Indra deputi Infrastruktur Bappenas RI serta Dr. M Syarkawi Rauf dosen Fak.Ekonomi Unhas selaku moderator kegiatan seminar (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya