HTTP Status[404] Errno [0]

Perdagangan Manusia Tidak Boleh Parsial

01 October 2012 00:53
Perdagangan Manusia Tidak Boleh Parsial
Norma Bakir
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Norma Bakir

BugisPos — Badan Pemberdayaan Perempuan Kota Makassar mengoptimalkan layanan terpadu untuk menangani kasus perempuan khususnya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan “trafficking”.
“Untuk mengoptimalkan layanan itu, kami bekerja sama dengan pihak kepolisian dan kejaksaan, termasuk lembaga bantuan hukum dan LSM yang fokus pada persoalan perempuan,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Kota Makassar Norma Bakir di Makassar, Kamis 27/9/12

Dia mengatakan, penanganan KDRT dan “trafficking” atau perdagangan manusia tidak boleh parsial, meski kasus itu kelihatan bersifat individual tetapi tetap melibatkan orang lain bahkan memiliki jaringan.

Di sisi lain, lanjut dia, kedua persoalan itu menyangkut pula hak asasi manusia (HAM). Karena itu, pihaknya bekerja sama dengan instansi terakit akan memberikan layanan terpadu untuk menangani kasus di lapangan.

Berkaitan dengan hal tersebut, dia mengatakan, pihaknya juga turut menyosialisasikan dan memberikan penyadaran tentang hak-hak perempuan dalam ranah keluarga maupun publik.

Sementara itu, Salma Ruslan, salah seorang pemerhati masalah perempuan di Makassar mengatakan, peranan semua pemangku kepentingan sangat penting dalam mendorong penyelesaian kasus KDRT dan “trafficking”.

Persoalan KDRT memang masih sebatas persoalan rumah tangga, namun ‘trafficking’ itu sudah meluas, karena harus menelusuri jaringannya, bahkan tidak jarang ada sindikat yang rapi.

“Karena itu, baik institusi pemerintah maupun lembaga kemasyarakatan harus bergandengan tangan untuk menekan kasus KDRT dan ‘trafficking’,” ujarnya seperti dirilis Antara News (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya