HTTP Status[404] Errno [0]

Kembangkan Pelabuhan Garongkong, Pemda Barru Siapkan Lahan 4000 Hektare

04 October 2012 15:12
Kembangkan Pelabuhan Garongkong, Pemda Barru Siapkan Lahan 4000 Hektare
Pelabuhan Garongkong sangat berpotensi untuk dikembangkan. Pemkab Barru menyiapkan 4000 hektare lahan untuk pengembangan pelabuhan ini.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Pelabuhan Garongkong sangat berpotensi untuk dikembangkan. Pemkab Barru menyiapkan 4000 hektare lahan untuk pengembangan pelabuhan ini.

BugisPos – Potensi pengembangan Pelabuhan Garongkong, Barru, sangat terbuka. Apalagi pelabuhan tersebut masuk kawasan Gerakan Pembangunan Ekonomi Masyarakat (Gerbang Emas).

Untuk pengembangan kawasan pelabuhan, Pemkab Barru menyiapkan lahan sekitar 500 hektare dan masih bisa dikembangkan hingga 4000 hektare.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Barru, A Abustan, Rabu, (3/10/2012) sebagaimana yang dilansir Fajar online, mengatakan, Pelabuhan Garongkong menjadi pintu Gerbang Emas pengembangan ekonomi ke depan. Potensi pelabuhan tersebut sangat luar biasa. Ini karena pelabuhan tersebut sangat dalam hingga mencapai 15-25 meter.

Pemkab Barru sangat terbuka bagi investor untuk pengembangan kawasan Pelabuhan Garongkong. Berdasarkan Peraturan Daerah Sulsel Nomor 9 Tahun 2009, tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Sulsel 2009-2013, Kabupaten Barru ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gerbang Emas.

Pelabuhan Garongkong disebut-sebut berpotensi untuk dijadikan pelabuhan internasional. Hal ini dilihat dari kedalaman kawasan pelabuhan hingga 25 meter. Kawasan pelabuhan Garongkong terus bergerak. Pelabuhan ini berada pada jalur lintas provinsi sehingga sektor transportasi darat juga terbuka.

Beberapa waktu lalu, pengembangan pelabuhan Garongkong kembali mendapat suntikan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp40 miliar. Pemberian dana tersebut merupakan tahap awal dari beberapa tahapan lanjutan untuk pengembangan dan perluasan Pelabuhan Garongkong.

Saat ini, pengembangan Pelabuhan Garongkong masih terus berlangsung. Panjang dermaga yang sebelumnya hanya 100 meter, kembali mengalami penambahan dan ditargetkan hingga tuntas panjang dermaga mencapai 250 meter. Selain itu juga masih butuh reklamasi untuk perkantoran.

Hal itu diungkapkan, Kabid Perhubungan Laut, Dinas Perhubungan Barru, Ali Abdullah. Rencana ke depan masih akan dibuat rencana kajian penetapan daerah kerja lingkungan pelabuhan dalam bentuk dokumen. “Saat ini kita masih fokus pengembangan pelabuhan,” katanya.

Diakuinya, aktivitas pelabuhan sudah dimulai, namun secara keseluruhan proses pengembangan pelabuhan masih terus berlangsung. Secara bertahap dana dari pemerintah pusat dan daerah masih mengucur untuk pengembangan kawasan pelabuhan curah yang berada di daerah Garongkong ini.

Ada dua pelabuhan di Garongkong. Selain pelabuhan curah, juga ada pelabuhan feri yang sudah beroperasi sejak beberapa tahun terakhir. Rutenya, Tanah Bumbu dan Batu Licin, Kalimantan Selatan.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya