HTTP Status[404] Errno [0]

Panwaslu Janji Akan Tindaki PNS tak Netral

04 October 2012 13:45
Panwaslu Janji Akan Tindaki PNS tak Netral
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos – Ketua Pantia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sulsel Amir Ilyas berjanji akan bersikap tegas dan mengancam akan mempidanakan PNS yang terlibat politik praktis. Sikap tegas itu akan mulai dilakukan bila sudah dilakukan penetapan calon kepala daerah.

Menurut dia, kasus atau pelanggaran yang dilakukan kalangan PNS selama tahapan Pemilukada Sulsel ini, sebenarnya dapat diberikan dengan dipidana. Hanya saja, sampai sejauh ini belum ada calon yang ditetapkan KPUD Sulsel.

“Kalau sudah ada calon, pasti akan kita larikan ke pidana,” imbuhnya.

Menurutnya, seorang pegawai negeri sipil yang tidak netral dalam pemilihan umum dapat dipidana penjara minimal satu bulan hingga enam bulan pidana penjara. Tindakan itu melanggar pasal 116 ayat 4 undang-undang nomor 32/ 2004. Juga dengan denda minimal Rp600 ribu hingga Rp6 juta.

Sebelumnya, Panwaslu Sulsel juga telah menyemprit adik kandung incumbent, Syahrul Yasin Limpo, yang tak lain Kepala Perindustrian dan Perdagangan, Irman Yasin Limpo. Irman yang akrab disapa None dilaporkan oleh Tim Ilham Aziz terlibat aktif dalam pemenangan Sayang, bahkan, sejak 2007 lalu.

Panwas menilai, kehadiran None yang juga PNS tersebut melanggar UU. “Sebagai pejabat negara, None harusnya bersikap netral dan tidak bisa memberikan dukungan kepada salah satu kandidat,” papar Amir Ilyas.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya