HTTP Status[404] Errno [0]

Tidak Ada Indonesia Tanpa Bugis-Makassar

04 October 2012 13:44
Tidak Ada Indonesia Tanpa Bugis-Makassar
Komputer Lontara Bugis-Makassar
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Komputer Lontara Bugis-Makassar

BugisPos — Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo berharap lontara Bugis-Makassar dijaga kelestariannya. Saat memberi sambutan pada seremonial pembukaan Kongres Internasional II Bahasa Daerah Sulsel 2012 di Baruga Sangiaseri, Senin, 1/10/12 malam, Syahrul menegaskan tidak ada Indonesia tanpa Bugis-Makassar, Mandar, Toraja, dan lainnya. Menurutnya, Bugis Makassar merupakan suku yang melengkapi peradaban bangsa ini.
“Bahasa dan tulisan itu akan hilang jika tidak kita jaga. Lontara Bugis-Makassar, sekarang sudah nyaris tak ada lagi yang bisa membacanya. Bahasa membungkus sebuah budaya. Bahasa dan budaya menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan. Bahasa daerah adalah sebuah pewarisan dari masa lalu, kalau begitu bahasa daerah juga merupakan bahasa ibu pertiwi,” kata pria yang akrab disapa SYL ini seperti dirilis Fajar Online

Seremonial pembukaan dihadiri sejumlah pimpinan kampus. Di antaranya Rektor UNM, Prof Dr Arismunandar, Rektor UMI, Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar, Wakil Rektor I UIN Alauddin, Prof Dr Ahmad Sewang, PR II UNM, Prof Dr Heri Tahir, Dekan FBS UNM, Dr Kisman Salija, dan sejumlah petinggi perguruan tinggi lainnya. Hadir pula sejumlah pakar bahasa, seniman dan budayawan Sulsel.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menambahkan, sebuah negara dan daerah suku bangsanya akan semakin baik jika budaya, bahasa dan tulisan daerah sudah menjadi tolak ukur utama. Berbagai keragaman dan perbedaan menjadi kekayaan kita. Kekayaan itu menjadi sebuah kebanggaan. Di sinilah manfaat dari kongres ini agar perbedaan bahasa dan tulisan tidak menjadi pemisah namun menjadi perekat,” ujar Syahrul (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya