HTTP Status[404] Errno [0]

Pilkada Takalar, Mengukur Kekuatan Sayang dan IA Menuju Pilgub 2013

06 October 2012 00:40
Pilkada Takalar, Mengukur Kekuatan Sayang dan IA Menuju Pilgub 2013
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos –Â Keunggulan pasangan Burhanuddin Baharuddin- Natsir Ibrahim (Bur-HN) di Pilkada Takalar berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) makin meningkatkan rasa percaya diri Partai Golkar dalam menghadapi Pemilihan Gubernur 2013.
Meski masih harus menunggu hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan pilkada Takalar juga berpeluang berlangsung dua putaran, namun kesuksesan Bur-HN menempati posisi pertama perolehan suara dinilai sebagai pertanda positif bagi Golkar untuk memenangi pilgub.

Kemenangan ini dinilai memberi pengaruh psikologis bagi partai beringin dalam memenangkan pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’- mang (Sayang) di pilgub. Apalagi, pasangan yang diusung Partai Demokrat, Makmur Sadda- Nashar A Baso (Aman) hanya menempati urutan ketiga hasil quick count, sebagaimana yang dirilis Seputar Indonesia (Sindo).

Jauh sebelum Pilkada Takalar digelar, banyak pihak yang menilai bahwa event politik di Takalar ini merupakan ujian awal antara Syahrul dengan bakal calon gubernur yang diusung Demokrat Ilham Arief Sirajuddin. Juru Bicara Partai Golkar Arfandy Idris mengatakan,Pilkada Takalar adalah bagian yang tak terpisahkan dari semua momentum politik di Sulsel.

“Pilkada daerah itu bagian atau tahapan dari momentum yang lebih besar untuk partai. Ini tentu berkaitan dengan momentum lain seperti pilgub.Sehingga, dengan hasil ini kami optimistis untuk pilgub,” katanya kemarin.

Meski demikian, Arfandy mengatakan, perolehan suara calon bupati yang diusung Golkar di Takalar itu tidak akan sepenuhnya sama dengan perolehan di pilgub mendatang. Namun dia menilai apa yang terjadi di Takalar merupakan gambaran kecil ke arah kemenangan Golkar di pilgub.

Pengamat Politik Universitas Hasanuddin Adi Suryadi Culla mengatakan, pilkada Takalar akan menjadi salah satu pertaruhan Golkar karena akan menjadi parameter pertarungan di Pilgub Sulsel. Meski dia juga tak memungkiri ada faktor lain yang ikut menentukan kemenangan.

“Faktor mesin partai tentu menentukan bagaimana Golkar memenangkan calonnya di Takalar. Sehingga, Bur-Nojeng akan jadi salah satu ukuran kekuatan Syahrul di Takalar,”kata Adi.

Menurutnya,dari sisi mesin politik, Golkar memang masih unggul di Takalar.Keunggulan Golkar terutama dominasi pada kursi legislatif dan eksekutif.

“Mesin politik itu bisa dilihat dari seberapa besar kekuatan partai di legislatif dan eksekutif. Golkar masih mendominasi, apalagi bupati Takalar merupakan kader Golkar,” katanya.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya