HTTP Status[404] Errno [0]

Museum Mandar Ramai Dikunjungi

10 October 2012 00:44
Museum Mandar Ramai Dikunjungi
Museum Mandar
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Museum Mandar

BugisPos — Tingginya minat warga mengunjungi Museum Mandar di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, dinilai mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya dan sejak Januari hingga Oktober 2012 telah mencapai 6.000 pengunjung.
Pengelola Museum Mandar Majene, Firdaus Umar di Majene, Selasa mengatakan, Museum Mandar Majene merupakan satu satunya di Sulbar yang dijadikan sumber referensi maupun sebagai objek wisata, baik warga Majene maupun warga dari beberapa kabupaten lain di Sulbar.

“Hingga saat ini kami telah mencatat sekitar 6.000 orang yang telah mengunjungi museum ini, hal tersebut terjadi hanya dalam jangka waktu sembilan bulan, yakni sejak awal Januari hingga awal Oktober, tahun ini,” ungkapnya.

Dia mengatakan, setidaknya museum mampu dikunjungi 10.000 orang hingga akhir 2012, melihat animo masyarakat untuk berkunjung cukup tinggi.

“Dari data yang kami miliki pengunjung yang datang didominasi oleh warga lokal, entah itu pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat pada umumnya. Kemungkinan karena ada arahan dari pihak sekolah mereka masing-masing,” ungkap Firdaus seperti dirilis Antara News 9/10/12

Sebagian pengunjung lainnya merupakan orang luar daerah bahkan dari berbagai negara, seperti Singapura dan Belanda, di antara mereka yang datang ke tempat ini untuk melakukan penelitian terkait sejarah Majene sebagai kota tua di Sulbar.

Menurut dia, daya tarik museum ini adalah sejumlah koleksi peninggalan kebudayaan untuk menambah referensi pengetahuan bagi para pengunjungnya, seperti koleksinya terkait geologika, biologika, etnografika, arkeologi, filologika, keramologika, historika, serta numismatika.

“Di antara koleksi yang dimiliki oleh museum ini, paling banyak terkait etnografika, yakni penjelasan seputar etnis Mandar, mulai dari pakaian adat, bentuk rumah, hingga kulinernya,” kata Firdaus.

Selain koleksi sebagai daya tarik, bangunan Museum Mandar Majene yang berarsitektur eropa dibangun pada 1908 ini juga menjadi salah satu alasan serta daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang untuk datang (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya