HTTP Status[404] Errno [0]

Bantuan Hukum Gratis di Makassar Akan Diperdakan

11 October 2012 22:00
Bantuan Hukum Gratis di Makassar Akan Diperdakan
Walikota Ilham Arief Sirajuddin
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Walikota Ilham Arief Sirajuddin

BugisPos — Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin memastikan program bantuan hukum gratis untuk masyarakat tidak mampu di kota Makassar akan di perkuat dengan menerbitkan peraturan daerah kota Makassar. Hal ini diungkapkan saat membuka sosialisasi program bantuan hukum kerjasama Pemkot Makassar dengan Lembaga Bantuan Hukum Makassar serta Yayasan Tifa di kantor kecamatan Biringkanaya, Kamis 11/10/12.

“Insya Allah, program yang sudah berjalan sejak empat tahun ini akan kami tingkatkan kualitasnya dengan menerbitkan peraturan daerah. Ini juga seiring dengan upaya pembenahan sisi kualitas terhadap layanan bantuan hukum yang di berikan kepada masyarakat kecil “ ujar Ilham.

Menurut Ilham, rencana pembentukan Perda merupakan hasil rembuk dengan sejumlah stakeholder termasuk LBH Makassar yang selama ini menjadi mitra dalam pelaksanaan program ini.

“ Perda ini akan menjadi dasar yang kuat dalam mengimplementasikan UU no. 16. Selain itu, Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia juga menegaskan bahwa semua orang sama di depan hukum dan berhak atas perlindungan hukum yang sama tanpa diskriminasi “ lanjutnya..

Dalam sosialisasi ini, hadir sejumlah narasumber diantaranya Direktur LBH Makassar, Abd. Aziz, perwakilan Yayasan Tifa, Camat Biringkanaya Zukifli Nurdin serta waga kecamatan Biringkanayya.

Pada kesempatan ini, Ilham meminta kepada semua stakeholder, termasuk tokoh masyarakat, ketua RT RW agar mampu menjadi mediator dalam mensosialisasikan program ini ke masyarakat.

“Memang program ini masih sangat perlu untuk terus disosialisasikan. Masih banyak warga pinggiran yang sebenarnya sangat membutuhkan program ini, namun hanya saja tingkat pemahaman mereka sangat kurang, menjadikan akses mereka menjadi terbatas. Kedepan ini tidak boleh lagi terjadi. Semua masyarakat yang tidak mampu jika bersoal dengan hukum harus mendapatkan pendampingan, Ini demi keadilan “ tegas Ilham.

Sementara itu, Kepala bagian Hukum Pemkot Makassar, Apriadi menyebutkan bahwa pihaknya akan memberikan perlindungan kepada warga yang bersoal terhadap hukum terkecuali untuk kejahatan pidana seperti narkoba, pembunuhan serta pelecehan seksual. “ Kami jamin warga miskin di kota Makassar akan mendapat bantuan hukum “ jelasnya (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya