HTTP Status[404] Errno [0]

Sukses Menata Karebosi, Ilham Diundang Khusus Bicara di Bangkok

11 October 2012 22:01
Sukses Menata Karebosi, Ilham Diundang Khusus Bicara di Bangkok
Ilham Arief Sirajuddin Shalat di Tribune Karebosi

Ilham Arief Sirajuddin Shalat di Tribune Karebosi

BugisPos — Lembaga Perserikatan Bangsa Bangsa ( PBB ) Â secara khusus mengundang Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, untuk menjadi salah satu pembicara inti pada forum internasional perubahan iklim yang berlangsung di Bangkok, Thailand, Â Selasa 30/10/12.

Bersama pembicara lainnya dari sejumlah pemimpin kota dunia, Ilham akan menyampaikan sejumlah kebijakan pembangunan yang dianggap mendukung keseimbangan lingkungan.

“Di Indonesia, pak Ilham satu – satu nya pemimpin kota yang kami undang. Selebihnya ada dari Walikota Banglades, Kamboja, Nepal, Philipina, Samoa, serta Srilangka “ ujar Verania Andria, Programme manager For Sustainable Energy Environment Unit, United Nation Development Programme (UNDP), usai melakukan audiens dengan Ilham di ruang kerjanya, Kamis 11/10/12.

Menurut Verania, salah satu alasan UNDP mengundang Ilham dalam forum perubahan iklim ini, yakni terkait pengalaman kota Makassar yang telah meraih penghargaan langit biru, termasuk penataan Karebosi.

“ Kota Makassar sudah mendapat penghargaan kota langit biru, selain itu pengembangan lapangan karebosi menjadi sentra ekonomi dengan tetap menjaga ruang hijaunya. Demikian pula dengan penanggulangan abrasi di pantai losari menjadi alasan kami memilih kota Makassar sebagai kota percontohan yang telah melakukan pembangunan ekonomi yang memiliki respon besar terhadap perubahan iklim. “ lanjut Verania.

“ Beberapa bulan lalu, PBB dalam hal ini UNDP telah mengeluarkan laporan pembangunan manusia di beberapa kota di dunia termasuk di Indonesia. Dari hasil scanning kami, di Indonesia ada beberapa kandidat kota yang masuk diantaranya, Semarang, Surabaya serta Makassar. Namun dari scoring yang kami dapat, kota Makassar lah yang paling unggul dalam hal antisipasi perubahan iklim. Itulah alasannya kami undang Pak Ilham sebagai walikota Makassar untuk menjadi pembicara” lanjutnya.

Sementara itu, Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin mengatakan bahwa persoalan perubahan iklim sangat terkait dengan kebijakan pemerintah dalam hal melakukan pembangunan dengan tetap memperhatikan lingkungan.

“ Mudah – mudahan dalam forum ini nanti banyak pengalaman serta hal baru yang kita dapatkan dalam hal menghadapi perubahan iklim yang sudah melanda seluruh permukaan bumi ini. Pembangunan itu harus memperhatikan kelangsungan hidup generasi kita mendatang, dan itu ada di tangan kita yang masih hidup sekarang “ lanjut Ilham (una)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya