HTTP Status[404] Errno [0]

Sekda Ingatkan SKPD untuk Rampungkan LAKIP

19 October 2012 00:31
Sekda Ingatkan SKPD untuk Rampungkan LAKIP
Agar Jaya

BugisPos — Sebanyak 100 orang pegawai lingkup Pemerintah Kota Makassar yang menangani bidang penyusunan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP) mengikuti kegiatan bimbingan teknis cara penyusunan  LAKIP yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Kamis 18/10/12 di Hotel Singgasana Makassar. Kegiatan Bintek dibuka Sekretaris Kota Makassar, Drs. Agar Jaya, didampingi kepala Bappeda, H.Ibrahim Saleh, dengan menghadirkan pembicara dari Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP), Jameson Sinaga.
Agar Jaya menyatakan, Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi merupakan gambaran umum yang mengikur tingkat kinerja yang telah dicapai sebuah instansi dalam satu tahun anggaran. Sehingga dalam penyusunannya memerlukan keterampilan dan pemahaman yang lebih bagi petugas yang diberi tugas untuk menyusunnya. Selama ini, bentuk pertanggung jawaban pemerintah kota atas penggunaan anggaran dan kemampuan instansi menjalankan program kerja yang telah direncanakan, tertuang dalam LAKIP yang dimaksud.

“LAKIP mempunyai dua fungsi yang sangat vital yakni, sebagai sarana pertanggungjawaban kinerja kepada seluruh stakeholder dan kedua sebagai sarana evaluasi atas pencapaian kinerja di tahun berjalan sekaligus berfungsi untuk memperbaiki kinerja menjadi lebih baik di masa datang,” ujar Agar.

Mengingat pentingnya, bentuk pertanggungjawaban pemerintah dalam LAKIP, Agar Jaya mengingatkan agar seluruh peserta bintek untuk dapat mengikuti penyajian seluruh materi agar dapat memudahkan dalam menyusun LAKIP nantinya yang didasarkan pada ketentuan dan pedoman Penyusunan AKIP dan Sistem Akuntabilitas sebagaimana didayratkan dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PAN-RB) Nomor 29 Tahun 2010 tentang pedoman Penyusunan Penetapan Kinerja dan pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Agar jaya juga mengingatkan dan meminta agar semua instansi lingkup Pemkot agar dapat mengerjakan penyusunan draft Dokumen LAKIP per-Satuan Kerja perangkat Daerah (SKPD) selambat-lambatnya hingga awal Desember sambil menunggu realisasi fisik dan keuangan per-31 Desember 2012.

“Kita tidak ingin melihat ada instansi yang lambat merampungkan laporannya, apalagi sengaja mengulur-ulur waktu pengerjaannya, bintek harus dijadikan sarana untuk memperbanyak pengetahuan dan wawasan tentang langkah-langkah menyusun LAKIP. Tidak ada alasan bagi instansi untuk menyatakan tidak mampu menyusun laporan,” tegas Agar (una)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya