HTTP Status[404] Errno [0]

JK : Tinggalkan Buku dan Pergi ke Sungai Berenang

23 October 2012 00:56
JK : Tinggalkan Buku dan Pergi ke Sungai Berenang
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Menyambut Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negri (UIN) Alauddin Makassar menggelar kulaih umum dengan tema “Kiat-kiat Menjadi Pebisnis Sukses” dengan pembicara Dr. H. M. Jusuf Kalla yang kerap disapa JK (Mantan Wakil Presiden RI). Kuliah umum  digelar di Gedung Audiotorium Kampus II UIN Alauddin Makassar 19/10/12.

Peserta sangat antusias mengikuti kuliah umum ini. Betapa tidak JK adalah sosok seoarang tokoh yang banyak orang idolakan. Hal itu terbukti, dari sekian banyak kursi yang ada dalam gedung dalam segejap terisi penuh. Kedatangan JK disambut dengan meriah oleh civitas akademika, mulai dari dosen, staf, dan mahasiswa.

Dekan FSH menyampaikan dua hal pokok dalam sambutannya, “Yakni memperkenalkan FSH dan FEBI kedepannya”. Di fakultas ini terdiri dari delapan jurusan, empat diantaranya mengarah ke agama dan empat lainnya mengarah ke ekonomi” tandasnya. “Syarat mendirikan sebuah fakultas harus mempunyai lebih dari 1.000 mahasiswa dan FSH sendiri sudah memenuhi syarat itu”, kata Rektor UIN Alauddin Makassar. Dan lebih lanjut Rektor UIN memperkenalkan UIN yang dulunya dari IAIN.

Dalam kuliah umum ini, JK lebih banyak memberikan motivasi-motivasi dari apa yang telah dialaminya dengan gaya humorisnya. “Orang tua saya hanya tamat SD kelas lima dan sukses di bidang bisnis. Maka, jika tamatan SD bisa sukses, apalagi lususan perguruan tinggi” katanya. Namun, lulusan peguruan tinggi tidak menjadi jaminan untuk sukses. JK menjelaskan lebih lanjut bahwa “titik lemah orang islam dari segi ekonomi adalah zakat, karena kurangnya muzakki (orang memberi zakat)”.

Indonesia adalah penduduk islam terbanyak di Dunia, jika bisa mengamalkan zakat dengan baik, maka yakin akan ada perubahan yang leih baik. Salah satu kunci sukses ditawarkan oleh JK kepada peserta kuliah umum yaitu: Pertama, niat dan kegigihan melakoni usaha. Sukses tidak bergantung pada disiplin ilmu yang kita miliki. Kedua, semangat dulu baru modal. Dengan semangat modal akan datang.

Dalam berbisnis JK tidak terlalu banyak berteori, melainkan langsung action. JK juga menganalogikan pengusaha seperti orang mau berenang. Seorang yang mau belajar berenang harus membaca buku tentang gaya dan cara berenang. Tapi, JK mengatakan, tanggalkan buku dan pergi ke Sungai langsung praktek berenang (yahya)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya