HTTP Status[404] Errno [0]

Angka Harapan Hidup Warga Makassar Cukup Tinggi

25 October 2012 00:37
Angka Harapan Hidup Warga Makassar Cukup Tinggi
Ilham Arief Sirajuddin

BugisPos — Angka harapan hidup warga Makassar terus mengalami peningkatan. Bila pada tahun 2009 angka harapan hidup hanya sampai 73,4 tahun, maka pada tahun 2011 mengalami peningkatan menjadi 73,6 tahun. Ini juga ditunjang dengan makin menurunnya tingkat kematian ibu melahirkan dari 11,8/100 ribu kelahiran hidup di tahun 2010 menjadi 11,4/100 ribu kelahiran hidup di tahun 2011. Sementara angka pravalensi gizi kurang menurun dari 14,5% pada 2010 menjadi 13,5% di tahun 2011.
Angka-angka yang menunjukkan peningkatan terhadap indeks kesehatan masyarakat kota Makassar ini, diungkapkan Walikota Ilham Arief Sirajuddin Rabu (24/10) saat menerima Tim Penilai Lomba Posyandu dan Kelurahan Siaga Kesehatan, di Posyandu Dahlia kelurahan Kassi-kassi, Jl. Aroepala Makassar.

Keberhasilan Makassar untuk membangun kesehatan masyarakat, didasarkan pada kebijakan pokok pembangunan kota yakni meningkatkan kualitas manusia khususnya di kebijakan pembangunan kesehatan dengan memberdayakan masyarakat melalui program Posyandu dan Kelurahan Siaga. Dalam penilaian tahun 2012 ini, Pemerintah kota menyertakan Posyandu Dahlia Kecamatan Kassi-kassi yang telah meraih juara posyandu terbaik tingkat kota dan Kelurahan Barombong Kecamatan Tamalate sebagai wakil Makassar untuk Kelurahan Siaga. Lomba ini sendiri digelar dalam memperingati Hari Kesehatan Tingkat Nasional yang akan berlangsung 12 November mendatang.

Ilham mengungkapkan harapannya agar wakil Makassar yang akan beradu dengan perwakilan Posyandu dan Kelurahan Siaga dari 24 Kabupaten/kota lain mampu bersaing nantinya. Berkaca pada pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, Kota Makassar selalu mampu masuk dalam jajaran  tiga besar di tingkat provinsi.

“Pemkot telah berkomitmen untuk menggenjot pembangunan kualitas manusia, yang poin pentingnya terletak pada peningkatan kesehatan masyarakat. indeks kesehatan dapat dinilai dari beberapa item penilaian secara terukur. Makassar telah membuktikan dalam beberapa tahun terakhir mampu menempati jajaran tiga besar di tingkat provinsi,” ujar Ilham.

Hingga tahun 2012, jumlah posyandu di kota Makassr sudah mencapai 972 buah dengan disertai peningkatan strata posyandu dengan strata Purnama Mandiri sebanyak 72,8%. Sementara untuk Forum Kelurahan Siaga telah terbentuk di seluruh kelurahan yang ada di Makassar sebanyak 143 buah dengan 30 Poskeskel (Pos Kesehatan Kelurahan).

Tim penilai lomba tingkat provinsi terdiri dari dua tim yakni, tim penilai Posyandu yang terdiri enam orang dan tim penilai Kelurahan Siaga terdiri dari lima orang anggota tim, semua Tim ini diketuai Muslimin Rafid. Ketua Tim memotivasi pengelola posyandu dan seluruh staf Kelurahan Siaga untuk lebih berprestasi ditingkat provinsi. “Makassar selalu menjadi terbaik selama ini, tahun ini juga pastinya Makassar masuk lima besar,” ujar Muslimin (una)
 


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya