HTTP Status[404] Errno [0]

Rumput Laut di Barru Dikembangkan Hingga 200 Hektare

25 October 2012 19:37
Rumput Laut di Barru Dikembangkan Hingga 200 Hektare
Komoditi rumput laut terus dikembangkan di Kabupaten Barru. Luas lahan budidaya saat ini mencapai 200 hektare.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Komoditi rumput laut terus dikembangkan di Kabupaten Barru. Luas lahan budidaya saat ini mencapai 200 hektare.

BugisPos — Budidaya rumput laut terus dikembangkan di Kabupaten Barru. Saat ini luas areal sudah mencapai 200 hektare.

Budidaya rumput laut dilakukan masyarakat pesisir di sejumlah kecamatan. Hanya saja harga di pasaran yang terkadang membuat para petani kurang bergairah. Seperti saat ini harga rumput laut anjlok.

Meski demikian para petani tetap mengembangkan rumput laut. Ini karena sebagian besar di antara mereka sudah mampu menyiapkan bibit sendiri.

Kadis Perikanan Barru, A Sidda, seperti yang dikutip dari FAJAR online, menyatakan, di beberapa pesisir pantai tampaknya tak berpengaruh dengan harga. Sementara di beberapa lokasi beristirahat karena kondisi arus air laut. Meski demikian diharapkan harga bisa kembali meningkat.

Karena bagaimanapun, kata dia, harga turut berpengaruh terhadap produksi rumput laut di Barru. Data produksi rumput laut di Barru sebenarnya sudah mulai membaik, pada tahun 2010 sekira 488 ton, kemudian 2011 mencapai 722 ton. Ini berarti ada peningkatan produksi. “Karena itu kami sangat berharap harga kembali bisa lebih baik dari yang ada saat ini agar petani betul-betul bisa menikmati hasilnya,” katanya.

Antusias masyarakat pesisir untuk membudidayakan rumput laut di Barru sudah sangat berkembang. Mulai dari daerah perbatasan Barru-Pangkep hingga Tanete Rilau, kemudian di Kecamatan Soppeng Riaja dan Mallusetasi. (gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya