HTTP Status[404] Errno [0]

Warga Tolak Pertambangan Emas di Sinjai

25 October 2012 17:19
Warga Tolak Pertambangan Emas di Sinjai
Sekelompok warga dengan mengatasnamakan Gerakan Rakyat Tolak Tambang Bonto Katute (Gertak) Sinjai menyatakan menolak eksplorasi serta diterbitkannya izin usaha pertambangan emas dan timah hitam di Bonto Katute, Sinjai.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Sekelompok warga dengan mengatasnamakan Gerakan Rakyat Tolak Tambang Bonto Katute (Gertak) Sinjai menyatakan menolak eksplorasi serta diterbitkannya izin usaha pertambangan emas dan timah hitam di Bonto Katute, Sinjai.

BugisPos —Â Sekelompok warga dengan mengatasnamakan Gerakan Rakyat Tolak Tambang Bonto Katute (Gertak) Sinjai menyatakan menolak eksplorasi serta diterbitkannya izin usaha pertambangan emas dan timah hitam di Bonto Katute, Sinjai. Pernyataan ini berlangsung seusai di adakannya konsolidasi front Gertak di Benteng Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Rabu (24/10/2012).

Jalak, satu di antara anggota Gertak mengatakan, gerakan penolakan ini merupakan gerakan murni dari gabungan beberapa organisasi yang solid.
Gerakan ini didukung oleh fakta empiris dan alasan yang konkret serta menyatakan bahwa Gertak siap bertarung konsep terhadap efek negatif yang akan di timbulkan jika ada kegiatan pertambangan dalam suatu daerah.
Anggota lainnya, Arman mengaku jika beredar isu negatif tentang Gertak. Isu ini dianggap sebagai upaya provokasi dan kontra revolusi yang merasa terganggu kepentingan-kepentingannya.
Dia membantah isu yang menyatakan bahwa Gertak ditunggangi oleh elit politik yang terkait erat dengan Pilgub Sulsel dan Pilbub Sinjai adalah asumsi yang tak berdasar.
Gertak telah membuktikan dengan bergerak selama kurang lebih setahun terakhir dalam mengawal kasus pertambangan tersebut
Kata Arman lagi, Gertak  menyatakan sikap akan terus bergerak bersama rakyat, bukti lain bahwa asumsi tersebut tak berdasar karena Gertak adalah front yang berprinsip non-korporasi dan non-kooptasi terhadap terhadap pemerintah dan elit politik..
Jaringan perluasan basis massa Gertak telah meluas ke beberapa kecamatan khususnya daerah yang akan terkena dampak pertambangan.
“Jika kegiatan pertambangan  terus dilanjutkan, memang ini baru sebatas eksplorasi, namun itu bagian dari pertambangan dan selanjutnya akan  ke tahap produksi, maka itu harus ditolak dari sekarang,” tegas Arman sebagaimana yang dikutip dari Tribun Timur.com.(gafar)
Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya