HTTP Status[404] Errno [0]

PPG Atasi Kekurangan Guru

28 October 2012 21:13
PPG Atasi Kekurangan Guru
Prof. Dr. Arief Rahman, M.Pd

BugisPos — Pakar pendidikan Arif Rahman mengatakan Pendidikan profesi guru (PPG) yang juga dibuka pemerintah bagi sarjana non-kependidikan diperlukan untuk mengatasi kekurangan guru.
“Guru itu masih sangat kurang di Indonesia sehingga harus mencari sarjana fakultas lain yang juga ingin menjadi tenaga pendidik,” kata Arif Rahman saat dihubungi di Jakarta, Kamis 25/10/12

Menurut Ketua Harian Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO tersebut, kalau kita menunggu kelulusan sarjana pendidikan itu terlalu lama, sedangkan kebutuhan guru sangat mendesak.

“Jadi umpamanya ada mahasiswa dari ITB bisa mengajar maka diberi kursus untuk mengajar dulu supaya mengerti seperti apa proses pembelajaran itu , bagaimana caranya menghadapi murid, membuat silabus, rencana pelajaran, dan soal dengan baik,” ujar Guru Besar Universitas Negeri Jakarta tersebut seperti dirilis Antara News.

Ia menambahkan keberadaan PPG juga meningkatkan kualitas tenaga guru sebagaimana diamanatkan UU No. 14 Tahun 2005 dan PP 74 Tahun 2008.

“Posisi guru idealnya memang diisi oleh sarjana kependidikan, namun jika kualitas mereka di bawah lulusan umum, tentu tidak bisa dipaksakan. Sehingga sarjana umum pun bisa menjadi guru dengan syarat telah menempuh program PPG selama 1 tahun,” katanya lagi.

Ia menambahkan, Indonesia mempunyai wilayah yang luas dan secara sosiokultural sangat heterogen. Di beberapa wilayah masih terdapat permasalahan dalam penyelenggaraan pendidikan, terutama pada daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

“Permasalahan tersebut berupa kekurangan jumlah guru, kurang kompeten, ketidaksesuai antara kualifikasi pendidikan dengan bidang yang diampu, distribusi tidak seimbang, dan lain-lain,” ujar dia.

Sebelumnya mahasiswa Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) menggugat program Pendidikan profesi guru (PPG) ke Mahkamah Konstitusi (MK) karena program tersebut juga dibuka untuk sarjana non-kependidikan (una)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya