HTTP Status[404] Errno [0]

Ketua Panwaslu Kota Palopo Dilengserkan

30 October 2012 18:16
Ketua Panwaslu Kota Palopo Dilengserkan
Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palopo, Subhan dicopot dari jabatannya, Senin, (29/10/2012). Pencopotan itu lahir dari pleno dua anggota panwaslu lain dan menyepakati penggantian Subhan.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palopo, Subhan dicopot dari jabatannya, Senin, (29/10/2012). Pencopotan itu lahir dari pleno dua anggota panwaslu lain dan menyepakati penggantian Subhan.

BugisPos — Kisruh di internal Panwaslu Palopo berujung pada pencopotan ketua. Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palopo, Subhan tiba-tiba dicopot dari jabatannya, Senin, (29/10/2012). Pencopotan itu lahir dari pleno dua anggota panwaslu lain dan menyepakati penggantian Subhan.

Subhan yang dihubungi menuding pencopotan itu sarat diskrimimnasi. Menurut Subhan, dirinya tidak tahu apa alasan sehingga dua anggotanya sepakat melakukan pleno melengserkannya.

“Dua anggota pleno mengganti saya. Alasannya tidak masuk akal, hanya untuk penyegaran,” kata Subhan kemarin, sebagaimana dikutip dari FAJAR online.

Dalam pleno itu, sebut dia, yang ditunjuk sebagai ketua adalah Isma Kahman. Anggota Panwaslu Haerullah ikut memilih Isma dalam rapat itu. “Awalnya rapat yang digelar hanya rapat rutin. Namun belakangan, dua anggota Panwaslu lainnya tiba-tiba menggelar pleno mencopot saya dan menunjuk Isma sebagai ketua,” bebernya.

Menurut Subhan, alasan itu sangat rancu. Apalagi, baru dua bulan ini Panwaslu bekerja untuk tahapan pilwalkot Palopo dan pilgub Sulsel. “Masa mereka juga beralasan kalau saya dianggap terlalu kritis terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU). Akibat sikap itu, hubungan antara Panwaslu dan KPU sempat renggang,” cetus Subhan.

Sejauh ini Subhan selalu bersikap kritisnya. Semua kebijakan KPU yang dianggap melenceng dari aturan, pasti ditentang apapun resikonya. “Sehari sebelumnya, dua anggota Panwaslu Palopo itu memang mengumpulkan seluruh anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) Kota Palopo. Intinya, saya tidak terima dengan pencopotan ini. Sebab, sama sekali saya tidak bersamalah. Besok (hari ini) saya dipanggil ke Panwaslu Sulsel untuk melakukan klarifikasi,” tandasnya.

Sementara itu, Isma yang dihubungi membenarkan pergantian Ketua Panwaslu. Hanya saja, Isma yang berlatar belakang aktivis enggan membeberkan alasannya. “Belum bisa saya jelaskan sekarang. Besok saja,” singkat Isma.

Ketua KPU Kota Palopo, Maksum Runi mengaku KPU tidak pernah mengurusi domain Panwaslu. Konflik yang ditimbul itu masalah internal. “KPU juga memiliki tugas pokok melaksanakan berbagai tahapan Pilkada Palopo 2013 yang digelar bersamaan dengan Pilgub Sulsel. Sementara Panwaslu bertugas mengawasi proses tahapan Pilkada. Kami malah bersyukur bila Panwaslu melaksanakan tugas pengawasannya dengan baik,” aku Maksum. (gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya