HTTP Status[404] Errno [0]

Danau Balangtonjong Dibahas di Bangkok

01 November 2012 00:58
Danau Balangtonjong Dibahas di Bangkok
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Laporan Mukhtar Tahir dari Bangkok, Thailand
BugisPos – Acara bertajuk Climate Change and Pro Urban Governance Capacity Development Workshop: Promotion Sustainable Human Development in Asian Cities yang dihelat selama tiga hari di Hotel InterContinental, Bangkok, 937 Ploenchit Road, Bangkok, Thailand, 29-31 Oktober 2012 sudah memasuki hari terakhir.

Patut disyukuri, hari terakhir ini, sebab Kota Makassar, selain mendapatkan apresiasi dari sejumlah walikota dari 12 negara karena kreativitas Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin membangun dengan mengantisipasi perubahan iklim. Makassar juga mendapatkan bantuan dari UN Habitat berupa  teknikal asistensi khususnya perencanaan penataan kawasan Danau Balangtonjong.

Diketahui, danau Balangtonjong yang luasnya sekitar 30 hektar dan memilki kedalaman 30 meter akan dijadikan  wilayah resapan dan ruang terbuka hijau (RTH).

Verania Andria, program manager UNDP Indonesia, Rabu 31/10/12, mengatakan, pihak UN Habitat akan mengirim orang untuk melakukan survei tentang kondisi iklim ke depan, kajian masyarakat yang rentan terhadap perubahan iklim, infrastruktur yang bakal kena dampak.

Hasil kajian kerentanan iklim ke depan, akan memberikan masukan pada program pembangunan kota makassar agar pembangunan jadi climate proof ( mengantisipasi perubahan iklim ke depan).
Selain itu, bisa memfokuskan kepada kelompok yang rentan seperti kelompok miskin sehingg jadi pro poor

Karena  sudah banyak program yang telah direncanakan kota Makassar sehingga perlu kajian yang menguntungkan dan Makassar jadi contoh dri kota lain.

Dengan bgitu, ada jaminan oleh investor menanamkan modalnya karena melihat pembangunan makassar sudah terencana dengan jangka yang lama.

Pada hari terakhir penyusunan rencana aksi dalam mengantispasi perubahan iklim khususnya cara menyusunn perencanaan anggaran secara spesifik berkaitan dgn climate change (perubahan iklim).

Delegasi Makakssar yang melanjutkan sesi diskusi menggantikan Ilham dalam forum, yakni  Kadis Sosial Burhanuddin, Kepala Bappeda Ibrahim Saleh, staf ahli tata ruang kota Makassar Prof Ananto  Yudhono,  Erwin Syafruddin, Haidil Adha (*)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya