HTTP Status[404] Errno [0]

Penegakan Hukum Kawasan Tanpa Rokok

01 November 2012 22:04
Penegakan Hukum Kawasan Tanpa Rokok
Ruslan Abu

BugisPos — Kebiasaan merokok di masyarakat perkotaan merupakan perilaku berdampak buruk yang pengendaliannya belum disertai tanggung jawab pengawasan dan penegakan hukum. Pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di kota Makassar telah diupayakan pengembangan kebijakannya sejak tahun 2010.

“KTR merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Makassar dalam mencegah peningkatan jumlah perokok pemula, dan sebagai upaya pengendalian penyakit akibat rokok seperti jantung, kanker, penyakit saluran pernapasan kronik, hipertensi, impotensi, dan lain – lain ” ujar Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemerintah Kota Makassar, Ruslan Abu, saat membuka Pelatihan Pengawasan dan Penegakan Hukum Kawasan Tanpa Rokok di Hotel Losari Beach Inn, Makassar, Kamis 1/11/12.

Kebijakan program pengendalian masalah kesehatan akibat tembakau yang berpedoman pada Peraturan Bersama Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri No.188/Menkes/PB/I/2011 dan No.7 tahun 2011, dan Peraturan Walikota No.13 Tahun 2011, mendasari diadakannya kegiatan Pelatihan Pengawasan dan Penegakan Hukum Kawasan Tanpa Rokok.
Acara ini dihadiri oleh pihak-pihak terkait dari Kementerian Kesehatan, DPRD Kota Makassar, UNHAS, RS. DR. Wahidin Sudiro Husodo, dan Pemkot Makassar, sebagai para narasumbernya.

Selama 2 hari, dari tanggal 1 sampai 2 November 2012, para peserta Pelatihan Pengawasan dan Penegakan Hukum Kawasan Tanpa Rokok akan dibekali dengan materi-materi yang berkenaan dengan KTR, yaitu pedoman pengembangan KTR, peran legislatif, penerapan dan pengawasan KTR kampus, prinsip-prinsip manfaat dan kendala program berhenti merokok, dan Perwali tentang KTR.

Pada Pelatihan ini diadakan oleh Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Makassar ini, Ruslan Abu berharap terciptanya pemahaman dan realisasi pengawasan dan penegakan hukum KTR demi peningkatan kesehatan yang optimal di Kota Makassar (una)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya