HTTP Status[404] Errno [0]

Rumah Kost Bisa Berdampak Negatif

01 November 2012 22:06
Rumah Kost Bisa Berdampak Negatif
Agar Jaya
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Agar Jaya

BugisPos — Semakin berkembangnya kota Makassar yang saat ini telah menjadi kota metropolitan sehingga berdampak pada semakin berkembangnya sarana dan prasarana. Sehingga hal tersebut menjadi daya tarik bagi masyarakat di luar daerah untuk datang singgah ataupun menetap di kota Makassar. Dengan perkembangan tersebut sejalan dengan pertumbuhan jumlah rumah kost yang ada di Makassar. Untuk itu Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) No 10 tahun 2011 tentang pengelolaan rumah kost yang dilaksanakan di Hotel Losari Metro, Rabu 31/10/12. Dalam acara sosialisasi Perda tersebut untuk menghindari implikasi negatif yang dapat ditimbulkan akibat keberadaan rumah kost di kota Makassar. Dalam acara Sosialisasi tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Kota Makassar, H Agar Jaya MM dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Alham Arifin.
Agar Jaya MM mengatakan, dengan semakin banyaknya perguruan tinggi di Makassar menjadi hal yang positif bagi usaha rumah kost. Hal tersebut karena akan banyak mahasiswa yang membutuhkan tempat tinggal, untuk itu keberadaan rumah kost yang menyediakan fasilitas pemondokan bagi mahasiswa. Tetapi hal tersebut juga akan menimbulkan dampak negatif jika pengelolaan rumah kost tidak di manajemen dengan baik, ” seperti diketahui mahasiswa merupakan individu dengan jiwa yang masih labil. Sehingga mudah terbawa arus ekstrim seperti penyimpangan norma-norma yang ada di masyarakat, bahkan bisa menimbulkan tindak kriminalitas. Olehnya itu perlu adanya kebijakan untuk menemukan solusi yang baik untuk memecahkan masalah tersebut,” papar Agar. Agar menambahkan dengan adanya sosialisasi Perda No 10 tahun 2011Â tersebut sangat positif sehingga mampu menciptakan keamanan, ketertiban, dan kenyaman bagi penghuni rumah kost sehingga dapat bersinergi dengan masyarakat yang ada di sekitar rumah kost.

Sementara Kepala Bagian Hukum dan HAM, Apriady SH MH mengatakan, tujuan diadakannya sosialisasi Perda tentang rumah kost selain memberikan pengetahuan kepada instansi yang mengeluarkan izin rumah kost bisa memenuhi dan mengimplementasi tata cara pemberian izin rumah kost, “Diharapkan dengan adanya perda tersebut bisa memberikan pemahaman tentang izin yang akan dikeluarkan dan diberikan sehingga tidak menimbulkan masalah sosial di masyarakat,” ujarnya (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya