HTTP Status[404] Errno [0]

BPN Sidrap Sertifikatkan 1400 Tanah Aset Negara

03 November 2012 13:21
BPN Sidrap Sertifikatkan 1400 Tanah Aset Negara
Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sidrap mensertifikatkan 1400 bidang tanah yang diduga aset-aset negara.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sidrap mensertifikatkan 1400 bidang tanah yang diduga aset-aset negara.

BugisPos  — Pemerintah pusat, melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) berupaya melegalisasi aset-aset negara bidang pertanahan di seluruh Indonesia dengan meluncurkan program Proyek Administrasi Pertanahan (PAI). Di Sidrap, ada sekira 1400 bidang tanah diduga aset negara coba disertifikasi oleh Kantor BPN Sidrap. Tanah ini tersebar di 11 kecamatan di daerah ini.

Hal itu diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor BPN Sidrap, Imam Nawawi, melalui Kepala Seksi Tanah dan Pendaftaran, Achmad Ridha di kantornya beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari FAJAR online.

Achmad mengatakan, proses pelegitimasian aset tanah negara di Sidrap ini terlaksana melalui program PAI 2012. “Jadi ada sekira 1400 bidang aset tanah negara yang coba untuk disertifikasi di Sidrap,” kata Achmad.

Secara garis besar, program PAI yang meliputi dua status ini yakni, penerbitan sertifikat pada bekas tanah milik adat yang memerlukan pengumuman dalam dua bulan, serta penerbitan sertifikat pada tanah negara yang tidak memerlukan pengumuman.

Hingga kini, ujar Achmad, progres kegiatannya sudah berjalan 95 persen dan diharapkan rampung sebelum 30 Desember 2012. “Pada kedua status tadi, sudah meliputi 1000 bidang proses tanah negara yang dikuasai di atas tahun 1960-an, 100 bidang pada UKM serta 300 tanah pertanian,” ungkapnya. (gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya