HTTP Status[404] Errno [0]

Makassar Tuan Rumah Lomba Perahu Naga Internasional

04 November 2012 02:50
Makassar Tuan Rumah Lomba Perahu Naga Internasional
Kota Makassar menjadi tuan rumah event lomba perahu naga internasional (1'st Celebes Dragon Boat Event) di kawasan Pantai Losari, mulai Jumat hingga Minggu, tanggal 2 - 4 November 2012.

Kota Makassar menjadi tuan rumah event lomba perahu naga internasional (1’st Celebes Dragon Boat Event) di kawasan Pantai Losari, mulai Jumat hingga Minggu, tanggal 2 – 4 November 2012.

BugisPos — Kota Makassar kembali dipercaya untuk menjadi tempat digelarnya even bertaraf Internasional. Kali ini even Lomba Perahu Naga (1’st Celebes Dragon Boat Event) diadakan di area lokasi ikon kebanggaan kota Makassar yakni kawasan Pantai Losari, mulai Jumat hingga Minggu, tanggal 2 – 4 November 2012.

Pembukaan lomba dilaksanakan di anjungan Pantai Losari, Jumat (02/11/2012) dan dihadiri Asisten III Pemprov Sulsel Amal Natsir yang mewakili Gubernur, Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, Rektor UMI, Prof. Masrurah, Ketua DPRD Makassar, Farouk M Beta dan beberapa tokoh masyarakat Tionghoa yang ada di Makassar.

Menurut Ketua Panitia lomba, Arwan Tjahyadi, lomba perahu naga  internasional ini diikuti sebanyak 28 tim. Peserta berasal dari tingkat lokal dan internasional dengan jumlah peserta mencapai 300 orang.

Ide untuk menggelar even lomba perahu naga, ujar Arwan, didasarkan pada keinginan untuk memperkenalkan Makassar ke tingkat internasional. Sekaligus menampilkan image bahwa Makassar kota yang aman dan sangat layak serta strategis bagi pelaksanaan even-even bertaraf internasional.

“Dari 28 tim yang hadir, ada 7 tim yang datang dari luar negeri diantaranya dari Malaysia, Hongkong, Macau, Birma dan Australia sebagai peninjau. Sedangkan peserta lokal ada dari Sulawesi Tengah dan Kalimantan,” sebut Arwan.

Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, dalam sambutan pembukaan menyatakan rasa bangga atas inisiasi panitia kegiatan untuk menjadikan salah satu ikon Makassar dan kota Makassar sebagai tuan rumah. Kesempatan lomba bertaraf internasional ini, kata Ilham, akan berdampak positif bagi citra kota Makassar yang terus berupaya memposisikan diri sebagai kota dunia.

“Fasilitas yang ada di kota Makassar telah lebih dari cukup untuk menggelar kegiatan berskala internasional, ini menjadi kebanggaan bagi kita sebagai warga kota karena diberi kepercayaan. Kita harus menyambut dan menjamu tamu yang berlomba dengan sebaik-baiknya,” ujar Ilham.

Even 1’st Celebes Dragon Boat ini digelar dengan menyediakan hingga 8 unit perahu naga khas Tionghoa yang didesain khusus dari Cilangkap. Untuk menggelar acara ini, panitia menggelontorkan dana hingga miliaran rupiah untuk menyediakan perahu naga berskala internasional.

Dalam even internasional ini, panitia menyiapkan hadiah berupa uang tunai senilai Rp. 15 juta khusus bagi peserta lokal. Sementara untuk biaya-biaya lain panitia hanya menyediakan penginapan dan transpor bagi peserta selama kegiatan berlangsung, sementara biaya kedatangan ditanggung masing-masing peserta.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Rusmayani Madjid menyatakan, pihak pemkot sebagai salah satu pemrakarsa even ini menggelontorkan dana sebesar Rp.300 juta.

“Ini sekaligus sebagai ajang promosi daerah, jadi pemkot berkewajiban mensukseskan even ini,” ujar Rusmayani.(gafar/usdar)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya