HTTP Status[404] Errno [0]

MK Tolak Gugatan Sa’ritta-AMAN, Bur-Nojeng Pimpin Takalar

05 November 2012 14:43
MK Tolak Gugatan Sa’ritta-AMAN, Bur-Nojeng Pimpin Takalar
Sidang gugatan Pilkada Takalar yang diajukan Sa'ritta dan AMAN di Mahkamah Konstitusi (MK), Senin, (5/11/2012), akhirnya dimenangkan pasangan Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim (Bur-Nojeng). Dengan putusan MK ini, Bur-Nojeng akan memimpin Takalar lima tahun ke depan.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Sidang gugatan Pilkada Takalar yang diajukan Sa’ritta dan AMAN di Mahkamah Konstitusi (MK), Senin, (5/11/2012), akhirnya dimenangkan pasangan Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim (Bur-Nojeng). Dengan putusan MK ini, Bur-Nojeng akan memimpin Takalar lima tahun ke depan.

BugisPos — Â Sidang gugatan sengketa Pilkada Takalar di Mahkamah Konstitusi (MK), Senin, (5/11/2012) merupakan sidang final. Putusan yang akan dibacakan majelis hakim MK akan menentukan siapa pemimpin Takalar lima tahun ke depan.

Keluarga dan kerabat pasangan Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim (Bur-Nojeng) yang memenangkan pemilu lalu datang khusus untuk mendengarkan putusan majelis hakim MK. Â Setelah pembacaan putusan, suasana haru terlihat di ruang sidang MK.

Sejumlah pendukung Bur-Nojeng langsung sujud syukur. Di antaranya terlihat adik kandung Burhanuddin, Fahruddin Rangga, istri Natsir Ibrahim, Hj. Rosmiati Natsir, dan sejumlah pendukung lainnya.

Kuasa hukum KPU Takalar, Mappinawang SH mengatakan keputusan MK yang menolak permohonan Sa’ritta (Syamsari Kitta-Hamzah Barlian) dan AMAN (Andi Makmur A Sadda-Nashar A Baso) yang menggugat hasil pleno KPU Takalar, sudah final.

“Tidak ada upaya hukum lagi,” ungkap Mappinawang sebagaimana dikutip dari FAJAR online.

Sementara itu kuasa hukum Sarri’ta, Syahris Cakkari menilai respons hakim untuk melakukan pendalaman sangat dangkal. “Mereka tidak melakukan kajian normatif,” sebut Cakkari.

Setelah keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) resmi menolak gugatan Sa’ritta (Syamsari Kitta-Hamzah Barlian) dan AMAN (Andi Makmur A Sadda-Nashar Baso), kubu Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim (Bur-Nojeng) akhirnya bernafas lega. Di Takalar, pendukung Bur-Nojeng mengucap syukur dengan hasil keputusan MK tersebut.

“Kita sangat bersyukur MK akhirnya memutuskan Takalar cukup satu putaran. Dari awal kita yakin kalau berkas pemohon tidak cukup substansial untuk dijadikan gugatan,” kata Ketua Tim Pemenangan Golkar Takalar, Muhiddin Mursali.

Dengan keputusan tersebut, tambah dia, pihaknya berharap pihak yang kalah dapat menerima dengan lapang dada. Sebab bagaimana pun keputusan tersebut merupakan hasil bersama untuk satu tujuan, menyejahterakan Takalar ke depan.

Syamsari yang dihubungi pasca keputusan MK tersebut, enggan berkomentar banyak. Menurut dia, dengan ditolaknya gugatan yang diajukan pihaknya itu, semata adalah resiko perjuangan yang harus diterima.

“Dan kami pasangan nomor 4 dan 6, berterimakasih kepada masyarakat Takalar yang telah menjatuhkan pilihan ke kami, memberikan doa, dan mendukung hingga ke MK,” papar Syamsari.

Sementara itu, kubu AMAN yang diwakili Juru Bicara AMAN, Dedi Hasta mengatakan, pihaknya menerima dan mengapresiasi dengan baik putusan MK itu. Sebab, pemilukada Takalar telah berjalan sesuai dengan tahapan-tahapan, termasuk proses yang berlangsung di MK.

“Pada prinsipnya kami berharap dengan keputusan, dapat memberikan penguatan atau legitimasi terhadap bupati dan wakil bupati terpilih untuk menjalankan pemerintahan dengan baik dan melakukan perubahan dengan senantiasa mengedepankan kepentingan masyarakat secara keseluruhan,” ucap Dedi.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya