HTTP Status[404] Errno [0]

Sungai Tallo Akan Dijadikan Kawasan Pariwisata

06 November 2012 22:08
Sungai Tallo Akan Dijadikan Kawasan Pariwisata
Sungai Tallo
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Sungai Tallo

BugisPos — Bank Dunia berencana menggarap kawasan aliran Sungai Tallo untuk dijadikan kawasan pariwisata dan pengembangan sarana transportasi di atas air. Perwakilan Bank Dunia Taimur Samad didampingi Arief Mulya Ramadhian, melakukan audiensi di ruang kerja Walikota Makassar, Selasa 06/11/12 dan diterima walikota Ilham Arief Sirajuddin yang didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Ir. A. Ansar serta jajaran Bappeda Kota Makasar.
Rencana pembenahan aliran sungai Tallo oleh lembaga Bank Dunia, kata Ilham, telah menjadi wacana yang dibicarakan sebagai salah satu tindak lanjut pertemuan Front City Summit yang digelar di Yokohama beberapa waktu lalu. Kawasan aliran sungai Tallo nantinya akan menjadi salah satu proyek andalan Pemerintah Kota untuk membenahi kawasan yang selama ini dikenal sebagai salah satu kawasan yang masih tertinggal dibanding kawasan lain. Senior urban Spesialist Bank Dunia, Taimur Samad menyatakan, pembenahan sungai Tallo akan diawali dengan Pra-Fisibilty Study (FS) yang direncanakan segera dilakukan pada awal Desember mendatang.

“Seluruh proses Pra-Studi Kelayakan (Fisibility Study) sepenuhnya akan dibiayai oleh Bank Dunia, ini akan membutuhkan waktu setidaknya sampai 4 bulan mulai Desember 2012 hingga April 2013 untuk menghasilkan laporan akhir sebagai langkah awal. Kami meminta bantuan dari Pemkot untuk memberikan data-data yang diperlukan terkait kawasan Tallo. Rencananya proyek ini akan mencakup areal sepanjang 16 km, kita telah siapkan tim ahli yang terdiri dari ahli hidrologi, ekologi, ekonomi dan ahli hukum serta bidang lain yang terkait untukl turun ke lapangan,” ujar Taimar.

Ilham menyambut positif rencana pembenahan sungai Tallo sebagai jawaban dari pengembangan pembangunan kawasan Makassar. Pembenahan sungai Tallo ini menjadi jawaban bagi kebutuhan masyarakat akan ketersedian sarana transportasi di kota Makassar. “Proyek ini juga diharapkan akan memberikan solusi bagi pemenuhan transportasi masyarakat, kita ingin mengalihkan transportasi darat ke transportasi di atas air. Ini akan sangat menarik juga atraksi pariwisata nantinya,’ ujar Ilham.

Terkait masyarakat nelayan yang ada di sekitar lokasi pembenahan, Ilham menyatakan, tidak akan terjadi relokasi penduduk apalagi sampai penggusuran di daerah tersebut. Bahkan menurut walikota dua periode ini, kawasan ini nantinya akan menjadi wilayah yang lebih menarik untuk ditinggali dengan tetap melibatkan msyarakat lokal.

“Saya jamin tidak akan relokasi apalagi sampai penggusuran, kita malah akan memberdayakan nelayan lokal di sana untuk terlibat dan berperan aktif dalam kegiatan ini. Apalagi menurut perwakilan Bank Dunia yang telah terlebih dulu turun ke lapangan, masyarakat setempat menyambut dengan positif dan antusias dengan adanya rencana proyek ini,” ungkap Ilham (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya