HTTP Status[404] Errno [0]

Lomba PHBS Nasional, Desa Kolai Wakili Sulsel

10 November 2012 22:15
Lomba PHBS Nasional, Desa Kolai Wakili Sulsel
Desa Kolai Kabupaten Enrekang mewakili Sulsel dalam lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional tahun 2012.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Desa Kolai Kabupaten Enrekang mewakili Sulsel dalam lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat nasional tahun 2012.

BugisPos — Prestasi membanggakan kembali ditorehkan perwakilan desa dari Kabupaten Enrekang di tingkat provinsi. Kali ini, Desa Kolai, Kecamatan Malua, terpilih sebagai juara pertama dalam Lomba Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diikuti seluruh desa perwakilan kabupaten di Sulsel.

Sepuluh item penilaian PHBS berhasil dipenuhi oleh Desa Kolai yang membuatnya menjadi juara tingkat provinsi dan berhak mewakili Sulsel untuk penilaian serupa di tingkat nasional.

Kesepuluh penilaian itu yakni, melakukan persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi bayi ASI eksklusif, menimbang bayi- balita dan kerap menggunakan air bersih dalam aktivitas sehari-hari.

Selanjutnya adalah mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, makan buah dan sayur setiap hari, berolahraga dan tidak merokok di dalam rumah.

“Semua item ini dilakukan wargaƂ masyarakat di Desa Kolai dengan penuh kesadaran, yang akhirnya menjadikan desa ini terpilih sebagai juara tingkat provinsi dan akan mewakili Sulsel,” kata Kadis Kesehatan Enrekang, M Yamin, sebagaimana dikutip dari FAJAR online.

Dia mengatakan lomba PHBS ini dilakukan sekaitan Hari Kesehatan Nasional ke 48 yang jatuh pada 12 November mendatang. Penetapan Desa Kolai sebagai juara itu telah diketahui sejak dua hari lalu melaui persuratan dari provinsi.

Prestasi ini terbilang membanggkan lantaran beberapa waktu sebelumnya, Desa Bonebone di Kecamatan Baraka juga terpilih mewakili Sulsel dalam perlombaan desa dan akhirnya keluar sebagai juara nasional.

“Kita berharap Desa Kolai juga bisa juara nasional,” tegas M Yamin.

Hal ini diakui sejumlah jajaran Diskes yang siang kemarin berkumpul melakukan senam sehat dan penarikan undian dalam rangkaiang peringatan Hasi Kesehatan Nasional tingkat kabupaten. Mereka mengakui bahwa ada beberapa desa yang sudah mulai menerapkan 10 item kesehatan itu, namun Desa Kolai diakui yang paling konsisten sampai saat ini.(gafar)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya