HTTP Status[404] Errno [0]

Syahrul : Kota Dunia Hal yang Membanggakan

11 November 2012 12:43
Syahrul : Kota Dunia Hal yang Membanggakan
Suasana upacara HUT Kota Makasar ke-405 di Karebosi, 9 November 2012
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Suasana upacara HUT Kota Makasar ke-405 di Karebosi, 9 November 2012

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, secara terbuka mengakui kemajuan pesat yang dialami oleh kota Makassar saat ini. Hal ini tercermin saat berpidato selaku inspektur upacara pada peringatan hari ulang tahun kota Makassar yang ke 405 di lapangan Karebosi, Jumat pagi 9/11/12.

“Menjadikan Makassar sebagai kota dunia hal yang membanggakan, tetapi juga menjadi tantangan tersendiri bagi segenap jajaran di pemkot Makassar dan masyarakatnya yang mendambakan sebagai kota berkualitas internasional. Ini berdampak pada hal pelayanan publik terkait aktifitas masyarakat kita ” ujar Syahrul di depan seluruh peserta upacara.

Menurutnya, keberhasilan daerah dilihat dari indikator pertumbuhan ekonomi, selama lima tahun ekonomi Makassar cukup signifikan, sekalipun terjadi krisis ekonomi dari tahun 2008 hingga 2011. “ Pertumbuhan ekonomi lima tahun terakhir adalah bukti kota Makassar mampu menjawab tantangannya. Apa yang telah dicapai, berdampak pada kehidupan masyarakat Makassar yang lebih baik. Ini perlu diteruskan di masa – masa yang akan datang. Kemajuan pembangunan yang dicapai Makassar selama ini, menjadikan Makassar makin pesat dan padat, yang tidak hanya dilihat dari kebutuhan dan kepentingan Makassar, tapi memperlihatkan Makassar sebagai pusat pelayanan di Indonesia Timur. Ini tidak terlepas dari masyarakat dan pemerintahnya, ini bukti walikota dan jajarannya telah bekerja baik ” lanjutnya.

Sementara itu, Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin saat memberikan sambutan secara terbuka mengapresiasi Syahrul yang telah hadir dan bertindak selaku inspektur upacara pada HUT Makassar ke 405 ini.

“Pada momentum ini, kami juga secara khusus menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga kota Makassar yang telah memberikan kepercayaan selama kami memimpin kota Makassar. Demikian pula apresiasi kepada segenap induvidu serta lembaga yang selama ini telah ikut berperan penting mengenalkan Kota Makassar di kancah dunia” ujar Ilham.
Diantara yang mendapat penghargaan dari pemerintah kota Makassar, diantaranya, Almarhum Mayjen. TNI.Andi Mattalatta selaku tokoh olahraga sulsel, Almarhum Ramang, selaku tokoh sepak bola, Erwin Aksa, Tokoh Muda Sulsel, serta sejumlah nama lain yang dianggap ikut mengharumkan nama Makassar.

Selain itu, Ilham juga mengulas sejumlah data terakhir terkait indikator kemajuan kota Makassar.
” Semangat historis kota Makassar yang dapat ditelurusi di masa lampau adalah semangat yang harus diperbaharui terus menerus agar Makassar dapat menggapai cita – citanya sebagai kota dunia. Peluang itu sudah di depan mata, dewasa ini simbol tanda Makasar akan menjadi kota dunia sudah terlihat. Kemajuan makassar tumbuh di depan mata. Tingkat kesejahteraan warganya tumbuh dari tahun ketahun sejak 2005, pedapatan perkapita 2005 sebesar 13,9 juta rupiah meningkat menjadi 33 juta rupiah dalam dua tahun terakhir. Demikian pula PDRB kita dari 15 Trilyun menjadi 37 trilyun dalam dua tahun terakhir. Pertumbuhan ekonomi 9,7 persen telah meberi kontribusi terhadap laju pertumbuhan ekonomi sulsel yang mencapai 8,08 persen dan secara tidak langsung memperkuat pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,9 persen ” papar Ilham.

Di ujung sambutannya, Ilham secara terbuka mengkritisi minimnya partisipasi pemerintah propinsi Sulawesi Selatan terhadap pembangunan di kota Makassar yang saat ini tengah bergerak cepat.

“Kami mengapresiasi jajaran pemprov Sulsel yang hari ini memberi sarana kebersihan berupa tujuh kontainer sampah, serta 5 motor sampah.
Seandainya seperti ini partisipasi pemprov Sulsel kepada kota Makassar setiap tahunnya, yakin dan percaya pak gubernur, Adipura itu sudah ada di kota Makassar. Sayangnya di penghujung tahun ini baru ada realisasi seperti ini. Tetapi ini bukan sesuatu yang pesimis. Mudah – mudahan bantuan sarana kebersihan ini akan menjadi berkah bagi kota Makassar untuk mewujudkan cita – citanya mendapat Adipura pada tahun 2013 mendatang ” ujar Ilham sambil berbalik melihat melihat Syahrul yang tengah duduk di belakangnya sambil tertawa. Pernyataan ini spontan mendapat aplaus panjang dari ratusan peserta upacara yang hadir.

Selain bantuan pemrov Sulsel, pada kesempatan ini, Walikota Makassar juga menyerahkan 13 unit mobil pengangkut sampah serta 35 kontainer sampah yang diserahkan kepada kepala Dinas Kebersihan dan Keindahan kota Makassar, Muhammad Kasim. Bantuan ini bersumber dari APBD kota Makassar tahun 2012 (*)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya