HTTP Status[404] Errno [0]

Warga Makassar Panik, Untung Gubernur SYL Lolos dari Maut

11 November 2012 22:19
Warga Makassar Panik, Untung Gubernur SYL Lolos dari Maut
Syahrul Yasin Limpo
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Syahrul Yasin Limpo

BugisPos – Peristiwa menggemparkan terjadi di Makassar Minggu pagi 11/11/12, tepat di depan Monumen Mandala Jl.Jend Sudirman ; tempat gelar hiburan seusai acara Jalan Santai With Komandan yang diselenggarakan DPD II Partai Golkar Makassar yang diikuti ribuan peserta.

Ketika Syahrul naik ke panggung menyanyi bersama warga peserta jalan santai, taiba-tiba muncul seorang pemuda melemparkan benda padat dan berasap ke arah panggung dimana Syahrul bersama beberapa elite parpol Golkar.

Untungnya benda yang diduga itu tidak sempat meledak, namun massa yang ada di depan panggung seketika melompati lelaki berusia sekitar 24 tahun ini dan memassanya. Pemuda tersebut jadi babak belur di sekujur wajahnya.

Dari hasil penggeledahan di dompet dan tas, lelaki tersebut diketahui bernama Lukman Rahim, kelahiran tahun 1989. Di dalam tas Lukman tersebut ditemukan juga bom rakitan dengan daya ledak tinggi. “Bukan hanya itu, di tangan pelaku juga ditemuka senjata api yang nomor serinya dikaburkan,” ujar Tim Hukum pasangan Syahrul Yasin Limpo – Agus Arifin Nu’mang (Sayang), Amirullah Tahir saat menggelar keterangan pers di SYL Media Center, Minggu 11/11/12.

Menurut Amirullah yang didampingi Juru Bicara Sayang Maqbul Halim dan Koordinator Keamanan Jalan Santai With Komandan Juniar Arge, upaya tersebut sudah dipastikan adalah sebuah upaya pembunuhan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Karena sudah jelas membawa pistol atau senjata api, kemudian sempat melemparkan ke arah pak gub,” jelas Amirullah.

Baik Amirullah maupun Maqbul Halim sama-sama meminta pihak kepolisian untuk segera mengusut tuntas siapa pelaku dan dalang dari aksi terorisme tersebut. “Kami mohon kepada pihak kepolisian supaya bisa melakuan pengusutan secara cepat. Dan ini juga memberikan bukti bahwa sudah saatnya para kandidat mawas diri beserta tim-timnya,” kata Amirullah

Bom yang dibawa tersebut diketahui merupakan bom jenis high explosive (daya ledak tinggi). Bom seberat 2 ons tersebut berisi serbuk TNT dan paku lima senti meter.

Bom tersebut kini diamankan oleh tim Gegana Polda Sulawesi Selatan. Sedangkan senjata revolver beserta enam butir peluru kaliber 38 milimeter diamankan di Mapolrestabes Makassar.

Kepala Polda Sulawesi Selatan Irjen Polisi Mudji Waluyo mengatakan, pelaku kemungkinan akan menebarkan teror di Sulsel dengan maksud mengadud omba kandidat Gubernur Sulsel.

Walikota Minta Warga Tenang

Sekaitan peristiwa ini, Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin meminta kepada seluruh warga kota Makassar untuk tetap tenang menyusul peristiwa yang terjadi di acara gerak jalan dalam rangka HUT Golkar ke-48 yang diadakan di Monumen Mandala, Minggu (11/11/2012) pagi.

“Kami minta semua warga kota untuk tetap tenang menghadapi kejadian ini. Mari menyerahkan kepada aparat kepolisi untuk mengusut dan mengurai apa sebenarnya yang terjadi dibalik persitiwa tersebut ” ujar Ilham di Makassar.

Ilham mengaku prihatin dan turut mengutuk kejadian yang menimpa acara jalan santai gubernur Sulsel.

” Kami semua belum tahu apa sebenarnya yang terjadi. Namun apapun maksud dari semua ini, saya selaku Walikota Makassar mengutuk kejadian tersebut dan meminta kepada aparat polisi bekerja cepat agar motif dari kejadian ini terungkap dan diketahui oleh publik ” lanjutnya.

Dikatakan, persoalan keamanan bukan hanya tanggung jawab polisi, tapi juga menjadi bagian dari tanggung jawab masing – masing induvidu.
” Semua harus menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Oleh karena itu, jangan panik, namun tetap harus waspada, karena meskipun selama ini kita kenal Makassar sebagai salah satu kota yang aman, namun itu tidak boleh membuat kita lengah ” jelasnya (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya