HTTP Status[404] Errno [0]

Kepala Bappeda Ibrahim Saleh : CSR Tanggung Jawab Perusahaan

12 November 2012 21:56
Kepala Bappeda Ibrahim Saleh : CSR Tanggung Jawab Perusahaan
Ibrahim Saleh
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Ibrahim Saleh

BugisPos — Tanggung jawab sosial perusahaan terhadap Corporate Sicial Responsibility (CSR) menjadi trending topic. Hal tersebut terjadi sejak disahkannya Undang-undang (UU) Perseroan Terbatas (PT) yang mewajibkan kepada seluruh perusahaan untuk menganggarkan dana pelaksanaan tanggung jawab sosial terutama bagi perusahaan yang menjalankan kegiatan usahanya dan mewajibkan perseroan menyisihkan keuntungan yang didapatkan perusahaan  untuk pelaksanaan CSR. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar, Ibrahim Saleh, dalam acara sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) No 47 tahun 2012 tentang tanggung jawab dan lingkungan Perseroan terbatas di Hotel Mercure, Senin (12/11). Dalam acara tersebut dihadiri Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin dan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel, H La Tunreng.
Kepala Bappeda Makassar, Ibrahim Saleh, mengatakan, dengan adanya PP 47/2012 tersebut menjad tantangan dan perubahan lingkungan menciptakan dan bertanggung jawab terhadap masalah-masalah sosial yang ada, khususnya di kota Makassar, ” dengan adanya PP tersebut yang menekankann pentingnya aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan dalam pembangunan yang berkelanjutan. Sehingga PP tersebut bisa menguatkan bahwa CSR merupakan salah satu solusi dalam mensukseskan pembangunan,” paparnya. Ibrahim menambahkan saat ini paradigma terhadap CSR harus diubah dari Voluntary menjadi Mandatory. perubahan paradigma tersebut sekaligus menjadi wujud tanggungjawab perusahaan atas segala dampak pembangunan yang didasari mental frontier.

Sementara Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin mengatakan saat ini pemerintah berusaha meningkatkan peranan bagi kalangan swasta untuk bekerjasama dalam urusan CSR. CSR tersebut merupakan kegiatan swasta yang menjadi salah satu bentuk tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan lingkungan. Untuk itu Pemkot Makassar terus menggandeng kalangan swasta, khususnya perusahaan dengan menerapkan program CSR maupun Program kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) dalam rangka mengakselerasi pembangunan di Makassar. ” Pada prinsipnya pemerintah bersedia menyiapkan dalam bentuk data dan program strategis untuk mengimplementasikan program CSR setiap perusahaan sesuai dan di amanatkan dalam PP No 47/2012,” paparnya. Dengan adanya CSR yang dilakukan dunia usaha terbukti memiliki dampak produktif yang signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya