HTTP Status[404] Errno [0]

Pemkot-PHRI Optimis Jumlah Wisman Meningkat

12 November 2012 22:03
Pemkot-PHRI Optimis Jumlah Wisman Meningkat
Acara City Corner Meeting di Warkop 115 Toddopuli
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Acara City Corner Meeting di Warkop 115 Toddopuli

BugisPos —Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyatakan optimismenya terhadap peningkatan wisatawan mancanegera maupun wisatawan lokal di penghujung tahun 2012 ini.
Itu terungkap pada acara city corner meeting yang difasilitasi bagian humas sekretariat daerah Kota Makassar bersama insan media, dengan tema Visit Makassar and Beyond di Warung Kopi 115 Jl Toddopuli Utara, No 1, Makassar, Senin (12/11).

Ketua PHRI Makassar Kwandy Salim mengatakan, pihaknya optimis dapat mengembangkan dan meningkatkan pariwisata di Makassar karena faktor pendukung sudah memadai.

Kwandy menunjuk wisata pantai, wisata alam, wisata kuliner, shopping, hingga rumah sakit internasional seperti Awal Bross dan Siloam Hospital sudah ada. Semua itu faktor pendukung peningkatan wisatwan mancenagara.

“Kami juga bersyukur karena di Makassar belum ada wisatawan dibunuh atau cedera, dirampok, dll. Tidak seperti di Bali dan daerah lainnya. “Kami juga yakin dengan aparat keamanan khususnya polisi wisata dalam menjaga keamanan Masyarakat juga diharapkan memiliki kesadaran wisata,” kata pengusaha hotel hotel dan restoran ini.

Kepala Bidang promosi Dinas Pariwisata Samad S Miru, menyatakan optimisme serupa. Tahun 2013 mendatang, Makassar diharap bukan lagi sebagai pintu gerbang tapi juga sebagai living room (ruang keluarga) bagi wisatawan.

Kaitannya dengan Visit Makassar and Beyond, Samad mengharapkan sinergitas pemerintah provinsi dan daerah penyangga lainnya untuk mempromosikan potensi wisata di daerah. Sehingga meski Makassar bukan daerah tujuan namun Makassar sebagai tempat transit dapat menjadi ruang keluarga sebelum wisatawan menuju daerah wisata.

Sementara itu, Ketua Lembaga Penulis Pariwisata Hendra Arthur memaparkan pendapat senada. Peningkatan wisatawan tidak lepas dari peran media untuk memberikan informasi tentang potensi wisata dan turut menyajikan informasi yang positif terkait destinasi wisata.
Pasalnya, kasus-kasus kekerasan atau konflik horisontal sangat mempengaruhi tingkat wisata sehingga dibutuh media informasi khusus tentang pariwisata, baik cetak, elektronik, maupun media online.

Di akhir pertemuan, ketiga narasumber sepakat mengajak semua stakeholder dan elemen masyarakat untuk sadar wisata. Bukan cuma instansi terkait yang bertanggungjawab terkait pariwisata, namun infrastruktur, kebersihan, dan keamanan, serta keramahan masyarakat juga menjadi penunjang animo wisatawan untuk menjadikan Makassar sebagai tujuan wisata sekaligus living room (opi)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya