HTTP Status[404] Errno [0]

Jelang Pilgub, KPUD Gowa Usul Tambah 41 TPS

13 November 2012 04:17
Jelang Pilgub, KPUD Gowa Usul Tambah 41 TPS
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gowa mengusulkan penambahan 41 Tempat Pemungutan Suara. Pertimbangannya karena ada TPS yang menampung lebih dari 600 wajib pilih.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gowa mengusulkan penambahan 41 Tempat Pemungutan Suara. Pertimbangannya karena ada TPS yang menampung lebih dari 600 wajib pilih.

BugisPos —Â Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan tanggal 22 Januari 2013, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gowa mengusulkan penambahan 41 Tempat Pemungutan Suara. KPU beralasan penambahan itu dilakukan karena adanya TPS yang menampung lebih dari 600 wajib pilih.

Sesuai aturan KPU, satu TPS maksimal menampung 600 wajib pilih saja. “Tapi dari pendataan petugas kita di lapangan, ada satu TPS sampai 1000 pemilih di situ,” kata Anggota KPUD Gowa M Khuzaifah BM, di ruang kerjanya, Senin 12 November.

Ketua Devisi Data, Informasi dan Penyelenggara Pemilu ini mengatakan, penambahan jumlah TPS pada dasarnya bertujuan menciptakan rasa nyaman bagi wajib pilih. Ada empat kriteria yang menjadi alasan penambahan jumlah TPS, yakni untuk memudahkan pemilih, aspek geograifs, pertimbangan waktu dan jarak tempuh serta tidak menggabungkan desa/kelurahan. “Ini juga bagian dari upaya meningkatkan partisipasi pemilih,” tambahnya.

Sebelum usulan penambahan tersebut, KPUD Gowa memprediksi jumlah kebutuhan TPS hanya 1031 buah. Tapi setelah dilakukan pemutakhiran data pemilih, disimpulkan masih diperlukan 41 TPS lagi sehingga total TPS menjadi 1072 buah.

Penambahan TPS tersebut diperlukan pada empat kecamatan yakni Kecamatan Somba Opu, Pallangga, Bajeng dan Bontonompo. Empat kecamatan itu memang padat penduduk.

Sebagaimana dilansir FAJAR online, adapun jumlah wajib pilih untuk sementara atau DPS di Kabupaten Gowa sebanyak 503.651 wajib pilih. Dibandingkan dengan data wajib pilih pada Pilpres 2009 yang hanya 443.775 wajib pilih, terjadi penambahan wajib pilih pada Pilkada Gubernur sebanyak 59.876 orang.

Namun diakui Khuzaifah, data wajib pilih tersebut masih sementara. “Masih bisa berkurang atau bertambah karena Gowa ini dinamis. Mungkin saja ada yang belum tercatat atau meninggal atau pindah atau ganda,” kata Khuzaifah.

Meski DPS menunjukkan adanya peningkatan jumlah wajib pilih, jumlah TPS pada Pilkada Gubernur ini justru turun jika dibandingkan pemilu sebelumnya. Pada Pilpres lalu, dengan jumlah wajib pilih 443.775 orang, jumlah TPS yang dibangun mencapai1.111 buah. (gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya