HTTP Status[404] Errno [0]

Polrestabes Makassar di Tangan Wisnu

13 November 2012 21:31
Polrestabes Makassar di Tangan Wisnu
J Wisnu Sanjaya
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

J Wisnu Sanjaya

BugisPos – Mutasi di jajaran kepolisian telah menjadi hal biasa dalam proses penyegaran organisasi. Namun bagi masyarakat, terkadang menjadi yang penting diperbincangkan, sebab setiap pejabat yang baru menjabat, seringkali berbeda pola dan karakter dalam menjalankan tugas-tugas dan jabatannya.

Rabu 7 Oktober 2012 lalu, gerbong Polda Sulselbar kembali bergerak. Itu artinya muncul lagi wajah-wajah baru dalam sebuah jabatan, apalagi jabatan itu strategis, pasti akan menjadi bahan perbincangan. Hari itu, beberapa orang perwira menengah di jajaran Polda Sulsel resmi bergeser. Pelantikan dan serah terima jabatan disaksikan langsung Kapolda Sulsel, Irjen Mudji Waluyo, di lobi Polda Sulsel.

Lima perwira yang dilantik untuk menempati pos jabatan yang baru berdasarkan surat perintah bernomor 2431/X/2012, tertanggal 24 Oktober 2012. Mereka yang dilantik yakni Kombes J Wisnu Sandjaja, sebagai Kapolrestabes Makassar.

Selain itu Direktur Direktorat Binmas Polda Sulsel, Kombes Chevy A Sopari, Kabid Humas Polda Sulsel, AKBP Endy Sutendi, Wakapolrestabes Makassar, AKBP Ferdinan Pasaribu, Kapolres Maros, AKBP Hotman Sirait. Seorang perwira lainnya, yakni, mantan Kapolrestabes Makassar, Kombes Erwin Triwanto menempati jabatan baru sebagai Kabag Jiansosmas BIDPPITK STIK Lemdikpol.

Kapolda mengatakan, tour of duty and tour of area di organisasi khususnya Polri merupakan hal yang biasa. Terkait (mutasi) tersebut sebagai promosi dan penyegaran organisasi kepada anggota polri.
Tujuannya sambung, agar kinerja anggota Polri makin profesional dan tujuan organisasi yang diharapkan makin tercapai. Tercapai dalam konteks memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayom masyarakat.

“Kita harap pejabat baru ini segera mengenali situasi wilayah mereka bertugas dan sekaligus segera bergabung dengan semua stakeholder (masyarakat) untuk memperoleh dukungan dalam menjalankan tugasnya,” paparnya, usai melantik lima perwira di pos jabatan baru.

J Wisnu Sanjaya

Kapolrestabes Makassar yang baru, Kombes J Wisnu Sandjaja,  pernah menjabat Wakapolres Bogor tahun 2000, kemudian menjabat Kapolres Cirebon tahun 2004-2005. Sesudah itu, Wisnu dipercaya menjabat Kapolres Cianjur tahun 2005 – 2007.  Kemudian menjabat Wakapolrestabes Surakarta tahun 2008-2009. Selanjutnya Wisnu dipercaya pada jabatan Kasubdit Pam VVIP/VIP
tahun 2009-2012, dan selanjutnya menjadi Dir Binmas tahun 2012. Dari Dir Binmas inilah kemudian Wisnu dipercaya menjadi Kapolresrtabes Makassar.

Baru pada hari-hari awal Wisnu menjabat Kapolrestabes, dia sudah dihadang peristiwa menghebohkan, yakni kasus percobaan pembunuhan terhadap gubernur Syahrul Yasin Limpo dengan menggunakan bom rakitan. Namun tampaknya, Wisnu cukup mengahadapinya dengan tenang. Kesimpulan awal yang dikemukakan Wisnu ke publik, bahwa kejadian ini diduga terkait teror bom Poso.

Dengan kehadiran Wisnu sebagai orang nomor satu di Polrestabes, kalangan usaha pariwisata meminta agar sarana pariwisata tidak terlalu diganggu dengan kegiatan razia terbuka. Karena dampaknya sangat merugikan dunia pariwisata, terlebih bila dirilis ke publik. Ketua ARKES Kota Makassar, Usdar Nawawi, meminta Kapolrestabes lebih menggunakan sarana intelijen dalam mengendus pelanggaran pidana di THM, hotel, panti pijat dan salon. Pola-pola penggerebekan terbuka seperti ini sudah tidak cocok  dengan kondisi Kota Makassar yang sedang dikemas Menuju Kota Dunia. Cara-cara penggerebekan terbuka juga sampai saat ini tidak memberi manfaat. Malah terkadang menjerumuskan aparat ke dalam perangkap suap-menyuap atau pemerasan. Kalau ada pelanggaran pidana di THM baiknya langsung diciduk saja diam-diam, tidak perlu dijadikan konsumsi publik, jor-joran, demi menjaga pencitraan Makassar di mata pariwisata internasional. Masyarakat juga sudah bosan mendengar polisi mengobok-obok hotel, THM, panti pijat dan salon, yang hanya untuk memergoki esek-esek (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya