HTTP Status[404] Errno [0]

Penutupan THM 1 Muharram, Hanya Delta Spa yang Berani Beroperasi

15 November 2012 08:01
Penutupan THM 1 Muharram, Hanya Delta Spa yang Berani Beroperasi
Delta Spa di hotel Clarion Jl.AP Pettarani, Makassar
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Delta Spa di hotel Clarion Jl.AP Pettarani, Makassar

BugisPos – Menghormati Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1434 H, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Makassar mengeluarkan surat edaran tertanggal 7 November 2012 yang ditandatangani Kadis Budpar Ir.Hj.Rusmayani Madjid,MSP, menutup seluruh tempat hiburan (THM) dan usaha pijat di Makassar hari ini, tanggal15 November 2012, selama sehari penuh, berdasarkan Perda No.5 tahun 2011.

Di lapangan, memang semua THM dan usaha pijat mematuhi surat edaran tersebut untuk menghormati umat Islam yang sedang memasuki tahun baru. Tim Anggota DPRD yang membidangi Kepariwisataan, antara lain H.Bahar Machmud dari PDIP dan Anto Liwang dari PD, bersama tim dari Disbudpar Makassar, sejak pagi tadi turun memantau ketaatan pengusaha hiburan dalam menjalankan perintah penutupan tersebut. Dan kesimpulannya, semua THM dan usaha pijat patuh, kata Alex dari Disbudpar.

Namun ternyata, Tim tersebut tidak berjalan maksimal. Buktinya, masih ada THM yang tetap beroperarsi hari ini, yakni Delta Spa di hotel Clalrion Jl.AP Pettarani Makassar. Redaksi BugisPos yang coba mengontak manajemen Delta Spa jam 14.00 wita tadi di nomor 0411833888, ternyata memang sedang buka. Reception Delta Spa mempersilahkan pengunjung datang ke Delta Spa menikmati pijatan serta berbagai fasilitas hiburan lainnya. Padahal edaran Disbudpar telah memerintahkan menutup termasuk Delta Spa sesuai aturan yang berlaku.

Sejumlah pengusaha hiburan di Makassar protes atas tetap dibukanya Delta Spa, karena semua yang lain tutup. Ketua Asosiasi Refleksi Kesehatan (ARKES) Kota Makassar, Usdar Nawawi, sangat menyesalkan sikap manajemen Delta Spa yang tidak patuh menjalankan edaran Disbudpar. Harusnya semua THM, pijat dan spa mematuhi aturan penutupan ini, selain karena sudah diatur oleh Perda, tidak terkecuali Delta Spa.

Alex Manga dari Dinas Disbudpar Makassar mengatakan, Delta Spa ini memang bandel. Kalau ditegur oleh Disbudpar, malah dia balik melaporkan Disbudpar ke Walikota. Kata Alex, pak Anggiat yang mengelola hotel Clarion itu sangat dekat dengan pak Wali. Makanya Disbudpar agak sulit melarang tutup pada hampir setiap jadwal penutupan THM dalam kaitan hari-hari besar keagamaan.

Indra dari Koran Tempo via sms ke redaksi BugisPos menanggapi, bahwa kalau Delta Spa tetap saja buka hari ini, lantas tidak ditindaki oleh Pemkot Makassar, maka hal itu berarti pemkot sudah pilih kasih.

Kasapol PP Kota Makassar, Alham Arifin yang dikonformasi soal bandelnya Delta hari ini, mengaku sedang di Jakarta, dan bernjanji segera mengirim anggotanya ke Delta Spa untuk menutup paksa usaha tersebut (una)

Â

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya