HTTP Status[404] Errno [0]

Walikota Diminta Mengevaluasi Manajemen PD Parkir

16 November 2012 21:25
Walikota Diminta Mengevaluasi Manajemen PD Parkir
Illustarsi
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Illustarsi

BugisPos — Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar Raya, dinilai terlalu boros dalam pengelolaan keuangannya. Buktinya, hampir 98 persen uang yang dipungut dari jasa parkir di kota ini dihabiskan untuk belanja operasional perusahaan.
Pada 2011 lalu, PD Parkir Makassar Raya berhasil merealisasikan pendapatan sebesar Rp6.6 miliar. Hanya saja dividen yang disetorkan ke kas daerah hanya Rp169 juta. Padahal peraturan daerah kota Makassar Nomor 5 tahun 1999 tentang Perusahaan Daerah Parkir Makassar yang mewajibkan setoran ke kas daerah minimal 30 persen dari laba yang diperoleh.

“Ini membuktikan bahwa PD Parkir sangat boros. PD Parkir belum bisa memberikan kontribusi terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Makassar,” ujar anggota Komisi B DPRD Makassar, Wahab Tahir, Kamis, 15 November, seperti dirilis Fajar.
Kondisi ini kata Wahab mengundang keprihatinan dari DPRD, khususnya Komisi B yang membidangi perusahaan daerah ini.

Idelanya lanjut dia, dividen yang disetorkan PD Parkir ke kas daerah, minimal 10 persen dari pendapatan. Artinya sebut Wahab, jika pendapatan 2011 Rp6.6 miliar, maka dividen yang disetorkan minimal Rp660 juta.

“Pak Wali kota harus segera mengambil sikap dengan mengevaluasi manajemen PD Parkir. Karena selaku perusahaan daerah yang berorientasi profit, harusnya PD Parkir bisa memberikan kontribusi terhadap pembangunan kota ini,” tandasnya.

DPRD Makassar, kata Wahab, akan segera menggelar rapat interen untuk menjadwlakan pemanggilan pengelola PD Parkir.
Anggota Komisi B DPRD Makassar lainnya, Lukman Basrah juga mempertanyakan pendapatan PD Parkir selama ini yang dinilai tidak sebanding dengan pertumbuhan kendaraan.

“Saya melihat sistem pengumpulan retribusi yang dilakukan oleh PD Parkir tidak efektif dan hanya menguntungkan orang-orang tertentu saja. Kita akan panggil PD parkir untuk melakukan rapat evaluasi dan mendorong agar dilakukan pendataan ulang terkait potensi retribusi parkir yang ada,” tandas Lukman.

Dirut PD Parkir Makassar, Aryanto Dammar yang dikonfirmasi terkait hal ini mengaku sedang berada di daerah dan belum bisa memberikan jawaban secara detail. “Nanti hari Senin saya kasi data lengkap supaya jelas, karena saya masih berada di daerah,” kata Aryanto Dammar melalui telepon genggamnya (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya