HTTP Status[404] Errno [0]

PJI Media SKU Kompak, Diajarkan Teknik Penulisan dan Peliputan Berita

19 November 2012 22:13
PJI Media SKU Kompak, Diajarkan Teknik Penulisan dan Peliputan Berita
Asnawin (Direktur Perpustakaan Pers PWI Sulsel) duduk paling tengah,saat berfoto bersama Pemimpin Umum Surat Kabar Umum (SKU) Kompak Andi Baso Tajuddin (duduk kedua dari kiri) dan para peserta Diklat Jurnalistik.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Asnawin (Direktur Perpustakaan Pers PWI Sulsel) duduk paling tengah,saat berfoto bersama Pemimpin Umum Surat Kabar Umum (SKU) Kompak Andi Baso Tajuddin (duduk kedua dari kiri) dan para peserta Diklat Jurnalistik.

BugisPos – Pelatihan Jurnalis Indonesia (PJI) di Kantor Redaksi Media SKU Kompak,  18/11/2012 dibuka oleh pimpinan umum/redaksi Andi Baso Tajuddin. Turut hadir Pimpinan Perusahaan Haji Maswati, Wakil Pimpinan Perusahaan Marsel , Wakil Pimpinan Umum Andi Bastian, Wakil Pimpinan Redaksi Rusli, serta bendahara perusahaan Mba Sri Supomo abt.

Andi Baso Tajuddin mengatakan dalam sambutannya, PJI ini adalah langkah awal untuk wartawan media Sku Kompak, untuk memahami apa itu wartawan. Karena selama ini, saya selaku penanggung Jawab di media ini, sudah memprogramkan pelatihan jurnalistik Indonesia di internal SKU Kompak dua kali setahun.

Menurutnya, gelombang kedua nanti direncanakan akan menyelenggarakan secara umum dan dikhususkan media-media mingguan di Makassar.  Kami yang akan mengundang, karena saya melihat kegiatan yang seperti ini sangat perlu ditarapkan untuk menambah pengetahuan wartawan yang belum masuk  anggota PWI .

Panitia pelaksana yang di ketuai oleh Andi Bastian, Sekertaris, Marsel, mendatangkan pemateri dari PWI Cabang Sulsel, Drs,Asnawin Alimuddin (Direktur Perpustakaan Pers PWI Sulsel)

Pelatihan dilaksanakan jalan Kesejahteraan Blok A nomor 122 Bumi Tamalanrea Permai Makassar, hari Ahad,tanggal 18 November 2012.

Peserta diklat hadiri sekitar 25 orang wartawan dari berbagai daerah di Sulsel, serta beberapa wartawan asal Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Tenggara (Sultra), dan Sulawesi Barat (Sulbar).
Asnawin Aimuddin memberikan materi kepada para peserta tentang teknik mencari/peliputan berita, teknik menulis berita langsung (straight news), teknik menulis berita tidak langsung (feature news).

Selain itu, juga diberikan materi tambahan tentang Foto Jurnalistik, Kode Etik Jurnalistik, dan Undang-Undang nomor 40 tahun 1999, para peserta diklat mempertanya kepada pemateri tentang jaminan wartawan yang sedang meliput dilapangan,Asnawin menjelaskan bahwa dalam hal melakukan peliputan kita harus memperhatikan situasi dimana lokasi yang pas dan aman untuk mendapatkan dukumentasi jelasnya.
Sehubungan dengan pertanyaan Agus Aco Kepala Biro Perwakilan Pinrang sehubungan dengan MOU Polda dan PWI cabang Sulsel,tentang pengaduan narasumber yang merasa dirugikan,yang tersirat dalam Memorandung Of Understanding (MOU),yang ditanda tangani oleh Ketua PWI Cabang Sulsel (Zulkifli Gani Otto)dan Kapolda Sulel Irjen Pol.Mudji Waluyo,tidak diperbolehkan wartawan yang dilaporkan tentang pemberitaan diproses oleh penyidik dan penyidik harus melimpahkan ke PWI.

Namun dengan Kemerdekaan Pers ini,wartawan tidak diperbolehkan semau saja melanggar kode etik,karena diatur oleh kode etik,semua wartawan yang ada di media SKU Kompak harus memperbanyak membaca buku UU Pers yang dikeluarkan oleh Dewan Pers tutur Asnawin diakhir materinya (rusli)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya