HTTP Status[404] Errno [0]

Kementerian Keuangan Undang Ilham Jadi Pembicara

20 November 2012 22:43
Kementerian Keuangan Undang Ilham Jadi Pembicara
Ilham Arief Sirajuddin
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Ilham Arief Sirajuddin

BugisPos — Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin tampil menjadi pembicara pada seminar nasional peningkatan kualitas belanja negara yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa 20/11/12.
Dalam seminar ini, Ilham diminta memberikan masukan kepada sejumlah pemangku kepentingan di bidang keuangan terkait peningkatan belanja negara menuju APBN yang berkesinambungan dan menyejahterakan rakyat.Hasil seminar ini menjadi pertimbangan dalam menyusun formulasi kebijakan fiskal, khsusnya belanja negara yang berkualitas.

Dari sejumlah pembicara, Ilham menjadi satu – satunya walikota di Indonesia yang diundang.

Sekertaris Jenderal Kementerian Keuangan RI, Kiagus Ahmad Badaruddin kepada wartawan menjelaskan, bahwa pembangunan infrastruktur Makassar beberapa tahun terakhir ini sangat spektakuler di antara kota – kota lainnya di Indonesia.

” Itu makanya kami undang Pak Ilham untuk hadir memaparkan konsep serta strategi pembangunan yang diterapkan selama ini di kota Makassar.Karena dari segi pertumbuhan ekonomi, Makassar menjadi salah satu yang paling baik diantara kota lainnya di Indonesia. Demikian pula pembangunan infrastrukturnya, kita bisa lihat bandara Internasional Sultan Hasanuddin, pelabuhannya serta sejumlah fasilitas umum lainnya ” ujar Kiagus Ahmad Badaruddin.

Selama hampir dua jam, Ilham tampil berbicara dihadapan sejumlah petinggi kementerian keuangan serta petinggi BUMN terkait prioritas belanja infranstruktur dalam rangka percepatan dan peningkatan kualitas pertumbuhan ekonomi. Di tempat ini, Ilham menjelaskan sejumlah strategi serta kendala dalam hal menyiapkan anggaran untuk membiayai ifrastruktur di kota Makassar , baik yang dibiayai APBN, APBD maupun pihak swasta.

” Kapasitas fiskal Makassar selama ini selalu mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Ini terlihat selama empat tahun berturut – turut Makassar masuk sebagai salah satu dari enam daerah otonom yang mendapat insentif daerah karena kinerja keuangan termasuk capain Indek Pembangunan Manusia ” ujar Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin saat berbicara. Menurutnya, kapasitas fiskal kota Makassar setiap tahun mampu menaikkan tren rasio Pendapatan Asli Daerah terhadap total pendapatan.
” Rasio PAD terhadap total pendapatan kita terus bergerak dari tahun ke tahun. Dari 14 persen pada tahun 2007, melonjak menjadi 21 persen pada tahun 2012″ ujarnya.

Seminar Nasional ini digelar memperingati hari keuangan ke 66. Seminar kali ini membahas berbagai persoalan terkait dengan pengelolaan belanja negara sekaligus mencari berbagai alternatif kebijakan fiskal yang tepat.

Sejumlah pembicara yang hadir, yakni Menteri Keuangan Agus Martowardojo, Wakil Meteri Keuangan, Anny Ratnawati, Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI, Djoko Udjianto, Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Suahasul Nazara, Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Bambang P.S. Brodjonegoro, Wakil Ketua Badan Anggaran, Tamsil Linrung, Wakil Menteri Keuangan, Mahendra Siregar,serta Direktur Corporate Banking Bank Mandiri, Fransisca Nelwan Mok (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya