HTTP Status[404] Errno [0]

Ratusan Juta Dana MTQ Korpri Nasional Raib

20 November 2012 00:52
Ratusan Juta Dana MTQ Korpri Nasional Raib
Ratusan juta rupiah dana yang akan digunakan menyelenggarakan MTQ Korpri tingkat Nasional di Sulsel, raib dibobol maling.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Ratusan juta rupiah dana yang akan digunakan menyelenggarakan MTQ Korpri tingkat Nasional di Sulsel, raib dibobol maling.

BugisPos — Ratusan juta rupiah dana pelaksanaan MTQ Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Nasional 2012, yang disimpan dalam sebuah brankas di ruang bendahara Sekretariat Korpri Provinsi Sulsel Jalan Botolempangan raib. Dana tersebut diduga digasak  digasak kelompok pencuri.

Informasi yang diperoleh, pelaku dengan cara membuka secara paksa pintu pagar bagian depan. Setelah berhasil merusak, pelaku masuk dan kembali merusak pintu garasi. Pelaku kemudian mencungkil jendela yang berada di sebelah selatan gedung sekretariat korpri.

Berhasil mencungkil jendela, pelaku kemudian masuk dan membongkar brankas. Pelaku mengambil uang tunai sebanyak Rp.379.080.000. Usai mengambil uang tunai tersebut, pelaku kemudian melarikan diri melalui jendela yang dijadikan tempat masuknya.

Sekretaris Dewan Pengurus Daerah Korpri Sulsel, H Saleh Gottang, mengatakan, kejadian itu baru diketahui setelah pengurus datang dan melihat kejanggalan. Setelah melihat telah terjadi sesuatu, pengurus Korpri melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian.

“Informasi yang saya peroleh seperti itu. Dicungkil atau bagaimana saya kurang tahu. Kami serahkan sepenuhnya kepada kepolisian untuk mengusut tuntas kasus ini,” paparnya. Namun, diakui, Saleh Gottang, waktu kejadian diperkirakan antara pukul 00.00 wita hingga pagi.

Pasalnya, sambung dia, petugas (panitia) bekerja di sekretariat hingga pukul 23.00 wita. Mereka bekerja untuk menyiapkan rencana untuk pelaksanaan MTQ Korpri 2012. Terkait apakah di sekretariat terdapat petugas jaga atau tidak ada?

Menurut, Saleh Gottang, petugas di sekretariat tersebut bukanlah Satpol PP. Saat kejadian petugas tersebut tidak ada. Dia baru datang keesokan harinya.

“Dana dalam brankas itu akan digunakan untuk membayar honor dewan hakim dan lainnya. Makanya tadi saya sempat bicarakan dengan Sekprov (HA Muallim). Kita berharap ada bantuan dana, untuk mengantisipasi hal ini. Yang jelas, biaya-biaya akan kita kurangi. Jumlah pastinya saya tidak tahu. Ratusan juta,” jelasnya.

Informasi lain yang diperoleh, dana tersebut diambil di bank (akhir pekan lalu). Dana dicairkan dikarenakan akan digunakan dan pelaksanaan MTQ Korpri 2012 sudah akan dihelat 23 November, mendatang. Selain bendahara, juga terdapat beberapa orang lainnya yang mengetahui pencairan dana tersebut.

Kapolsek Ujungpandang, AKP Diari Astetika seperti yang dirilis FAJAR online, membenarkan, adanya kejadian tersebut.

“Betul. Kantor Sekretariat Korpri (dibobol),” paparnya.

Kabid Humas Polda Sulsel, AKBP Endi Sutendi, mengatakan, pihak kepolisian (Sektor Ujungpandang) sudah melakukan tindakan-tindakan.

Seperti, melakukan olah tempat kejadian perkara dan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah. Saksi-saksi yang diperiksa di antaranya, melakukan interogasi awal terhadap, Bendahara Pengeluaran, HM Adnin Muntu.

Juga, diperiksa, Kasi Bantuan Hukum, Hamzah, Kasubag Administrasi dan Keuangan, Alwi, dan seorang anggota Satpol PP, Agus.

“Saat kejadian, langsung dikoordinasikan dengan tim identifikasi dari Polrestabes Makassar,” papar, AKBP Endi Sutendi.(gafar)Â

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya