HTTP Status[404] Errno [0]

Kata Arswendo, Museum itu “Empret”

22 November 2012 21:52
Kata Arswendo, Museum itu “Empret”
Arswendo
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Arswendo

BugisPos — Sastrawan Arswendo Atmowiloto menyatakan bahwa kebanyakan museum di Indonesia tidak menarik untuk dikunjungi.
“Museum di Indonesia ini empret, tidak bisa menarik pengunjung. Pengunjung pun datang karena disuruh atau dipaksa mungkin,” ujar dia saat diskusi pada acara “Gelar Museum Nusantara 2012” di Jakarta Convention Centre, Kamis 22/11/12

Menurut Arswendo, seharusnya ada nilai-nilai yang harus diterapkan di museum sehingga museum ini menjadi menarik.

“Bantu pengunjung untuk tidak hanya mempelajari tumpukan benda-benda tua di museum, tapi pelajari juga pembuatnya bahkan peradabannya,” ujar Arswendo.

Lebih lanjut Arswendo mengatakan bahwa salah satu hal yang akan menarik minat pengunjung adalah gimmick di dalam museum.

Arswendo pun memberi contoh museum Shakespeare yang berlokasi di Inggris Raya.

“Museum ini lucu, gedungnya itu bekas rumah kekasih gelap si penyair, ditunjukkan pula ruang tempat mereka memadu cinta, ini kan jelas menarik banyak pengunjung,” ujar Arswendo seperti dirilis Antara News.

Namun dia juga menekankan, bahwa gimmick tersebut berfungsi untuk menstimulasi pengunjung agar dapat memahami kreatifitas dan jiwa pada benda yang dianggap mati itu (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya