HTTP Status[404] Errno [0]

Makassar Kota Ternyaman Ke Tiga Di Indonesia

22 November 2012 21:47
Makassar Kota Ternyaman Ke Tiga Di Indonesia
Kota Makassar
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Kota Makassar

BugisPos — Ikatan Ahli Perencana ( IAP ) Indonesia menetapkan Kota Makassar sebagai kota ternyaman ketiga untuk di tinggali di Indonesia setelah kota Yogyakarta dan Denpasar.

Peringkat ini merupakan hasil Survei yang dilakukan IAP terhadap semua kota yang ada di Indonesia pada tahun 2011 yang lalu.

“Survei ini kami lakukan sejak tahun 2010 hingga 2011 di semua kota di Indonesia untuk mengukur sebagaimana tingkat kenyamanan warga di kota masing – masing. Dan kota – kota yang kami sebutkan, seperti Yogyakarta, Denpasar, serta Makassar yang masuk tiga besar menandakan bahwa kota – kota ini telah berhasil menciptakan kota yang nyaman untuk di huni oleh penduduknya ” ujar Sekjen IAP, Bernardus Djonoputro saat menyampaikan hasil surveinya pada acara Indonesia Livable City Summit 2012 yang berlangsung di Hotel Four Seasons, Jakarta. Kamis (22/11).

Sementara itu,diacara yang sama, Kementerian Pekerjaan Umum menegaskan posisi kota Makassar telah menjadi kota paling progresif melakukan pembangunan di kawasan timur Indonesia sekaligus masuk dalam jajaran kota – kota terkemuka diantara kota – kota besar di Pulau Jawa.

” Saat ini progres pembangunan Makassar sudah setara dengan kota – kota di Jawa ” tegas Iman Sudrajat, Direktur Penataan Ruang Nasional, Kementerian PU,
Irman yang juga merupakan Ketua Umum Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia menegaskan bahwa nilai rata – rata kota di Indonesia untuk tingkat pelayanan kepada masyarakat baru mencapai nilai 54,44 persen.
” Kota Makassar sudah jauh di atas nilai rata – rata ini dan bahkan kini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia. Ini menjadikan posisi Makassar sangat baik, termasuk pengelolaan pantainya. Itulah makanya, kehadiran Walikota Makassar dalam forum ini sangat penting untuk menyerap pengalamannya bagaimana merubah Makassar menjadi terkemuka ” jelasnya.

” Sebagai ” Hub” nya kawasan timur Indonesia, kami lihat Makassar sukses menjadi magnet.Orang datang mengakses pendidikan yang lebih bermutu, layanan kesehatan yang berkualitas. Kita pun tahu sudah beberapa rumah sakit Internasional hadir di sana.Imbas kemajuan yang menimbulkan efek lain seperti kemacetan tentu menjadi tantangan lain yang butuh pemikiran baru. Dan proyek monorel yang berjalan disana kami lihat sebuah terobosan bagus”jelasnya.

Sementara itu, Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin saat memberikan pemaparan menjelaskan bahwa salah satu metode yang diterapkan oleh pemerintah kota Makassar untuk melihat keinginan masyarakat terhadap layanan yakni motedo survei.

” Sejak lima tahun terakhir, kami intens melakukan survei untuk melihat sejauh mana keinginan masyarakat terhadap layanan yang mereka butuhkan. Dan pada tahun tahun 2011 lalu, satu hal yang mencengangkan dari survei kami, bahwa kebutuhan masyarakat kita kini
Telah mengalami pergeseran dari masalah ekonomi ke masalah kenyaman tinggal. Pertumbuhan ekonomi Makassar yang diatas rata – rata pertumbuhan Indonesia telah menciptakan efek kesejahteraan bagi warga Makassar ” ujar Ilham.

Sementara itu, Ketua Ikatan IAP wilayah Sulsel, Satriyah Madjid menjelaskan bahwa Indonesia Livable City Summit 2012 ini digelar untuk menggali pengalaman kota – kota di luar negeri serta kota – kota di Indonesia mengenai pelayanan masyarakat terkait dengan kota yang nyaman ditinggali. ” Pertemuan ini sebagai referensi untuk mengukur bagaimana kota – kota di dunia menciptakan kenyamanan tinggal untuk warganya. Tahun depan, IAP kembali akan melakukan survei untuk melihat sejauh mana tren perubahan setiap kota dalam merespon keinginan warganya.

Sejumlah pembicara yang hadir, diantaranya Sekjen Lembaga Perencanaan Malaysia, Norliza Hasyim, Mantan Wakil Walikota Yokohama, Yumiko Noda,MBA, serta Kepala Perencana Kota Sydney Australia, Sebastian Tauni, Wakil Menteri pekerjaan Umum, Dr.Ir. Hermanto Dardak, Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Walikota Palembang, Eddy Santana, serta Walikota Surabaya, Tri Rismahar ini (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya