HTTP Status[404] Errno [0]

Investasi Rp 180 Miliar, Moya Holding Company Garap Air Bersih Makassar

25 November 2012 12:44
Investasi Rp 180 Miliar, Moya Holding Company Garap Air Bersih Makassar
Illustrasi
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Moya Holding Company, perusahaan asal Bahrain berencana menggarap proyek air bersih di Makassar. Perusahaan tersebut digandeng Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) untuk membangun instalasi pengolahan air minum (IPA) di daerah Tamalanrea dengan nilai investasi mencapai Rp 180 M, IPA ini nantinya mampu menghasilkan kapasitas debit air bersih hingga 600 liter/detik.
Dalam ekspose perusahaan tersebut, Sabtu 24/11/12 di aula PDAM Kota, Jl. Ratulangi Makassar yang dihadiri Walikota, Ilham Arief Sirajuddin, Direktur PDAM Hamzah Ahmad, CEO Moya Holding Company Simon A Helmer dan seluruh jajaran direksi dan karyawan PDAM, terungkap bahwa hingga saat ini PDAM kota Makassar hingga saat ini baru mampu memenuhi 62 persen dari total luas wilayah Makassar. Idealnya PDAM harus mampu mengcover hingga 82 persen, ini menuntut perusahaan plat merah ini untuk menggandeng pihak ketiga.

Walikota Ilham Arief Sirajuddin menyatakan, sebagai perusahaan yang telah lebih dari 30 tahun beroperasi, PDAM telah menunjukkan kinerja yang  terus meningkat selama 5 tahun terakhir. Namun harus diakui kemampuan untuk mengimbangi perkembangan kota yang semakin pesat tidak mampu dilakukan sendiri oleh PDAM, untuk itu sinergitas yang ditawarkan Moya Holding Company harus diapresiasi dengan positif.

“Apalagi proyek ini menyasar bagian timur kota Makassar yang merupakan pusat pengembangan kota, hingga tingkat kebutuhan akan ketersediaan air diharapkan dapat terpenuhi. Ditambah lagi sumber air baku yang akan diolah adalah aliran air sungai Tallo, ini lebih bagus lagi,” ujar Ilham.

Ilham juga meminta agar pengerjaan proyek yang cukup besar ini agar tetap berada dalam koridor yang benar, hingga segala sorotan yang masih sering diterima PDAM Kota Makassar dapat diminimalisir. Segenap direksi dan karyawan perusahaan diminta untuk mengedepankan rasa tanggung jawab publik dalam melaksanakan setiap kegiatan di perusahaan penyedia air minum bagi warga ini.

Moya Holding Company sendiri rencananya akan membangun berbagai fasilitas utama dan pendukung untuk menghasilkan air bersih. Beberapa fasiltas yang akan dibangun diantaranya instalasi pengolahan air (IPA), reservoar, pipa transmisi dengan panjang hingga 100 km, kawasan perkantoran dengan luas areal lahan 1,3 hektar di daerah Kecamatan Tamalanrea.

Menurut ketua tim kajian proyek, Ir. Andi Mattalatta, kontrak dengan perusahaan yang juga telah menggarap proyek air bersih di Tangerang itu direncanakan hingga 25 tahun, yang diawali dengan uji kelayakan (feasibilty study) usai kegiatan ekspose ini.

“Daerah timur Makassar yang akan digarap ini memang hingga saat ini masih sering mengalami kekurangan air, dengan kemampuan menghasilkan air hingga 600 liter/detik diharapkan mampu memenuhi hingga 48 ribu sambungan baru didaerah Tamalanrea dan Biringkanaya,” ujar Mattalatta (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya