HTTP Status[404] Errno [0]

Remaja Sembunyikan Perilaku Internet dari Orang Tua

25 November 2012 22:11
Remaja Sembunyikan Perilaku Internet dari Orang Tua

BugisPos — Saat ini bisa dibilang akses internet sudah bebas, tak heran jika banyak remaja yang mudah mengaksesnya. Tapi studi menemukan makin banyak remaja yang menyembunyikan aktivitas internetnya dari orang tua.

Sebuah studi baru menemukan remaja masa kini semakin sadar tentang bagaimana menyembunyikan aktivitas online atau internet yang tidak pantas dari orang tuanya, sehingga jumlahnya meningkat.

Survei mengungkapkan remaja-remaja ini menggunakan taktik seperti meminimalkan browser internetnya ketika orang tua masuk ruangan, membersihkan sejarah browser dan menciptakan email pribadi yang tidak diketahui oleh orang tuanya.

Pada studi ini peneliti melibatkan 400 pasangan orang tua dan remajanya. Sebelumnya para orang tua ini mengungkapkan keyakinannya bahwa mereka tahu bagaimana melacak aktivitas internet yang dilakukan anaknya.

Meski 21,5 persen orang tua mengakui bahwa remajanya lebih ahli atau jago dalam hal teknologi dibanding dirinya dan merasa tidak mampu bersaing dengan kemampuan anak-anaknya.

Hasil yang didapatkan hampir 30,5 persen remaja mengaku mengunjungi situs-situs yang pasti akan ditolak oleh orang tuanya. Sekitar 25 persen remaja sengaja mencari gambar telanjang atau pornografi, bahkan setengah diantaranya melihat gambar ini beberapa kali dalam sebulan.

Serta didapatkan pula sekitar 19 persen remaja men-download musik bajakan, 6 persen membeli alkohol atau obat-obatan melalui internet. Tapi ternyata sekitar seperlima dari remaja ini tidak tahu cara menyembunyikan perilakunya dari orang tua.

“Kami percaya data ini cukup mengejutkan orang tua, dan kami berharap hasil ini bisa mendorong mereka untuk mengambil tindakan segera dalam melindungi anak-anaknya,” ujar peneliti Raj Samani, EMEA CTO di McAfee, seperti dikutip detikcom dari MedIndia, Minggu (25/11/2012).

Samani menambahkan ada kesenjangan yang besar antara yang dilakukan remaja dan apa yang orang tua sadari. Untuk itu orang tua harus mengambil peran aktif dalam memastikan perilaku remajanya masih aman (una)


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya