HTTP Status[404] Errno [0]

RUU Kamnas, Wartawan Kritis Dapat Dianggap Ancaman Nasional

25 November 2012 13:16
RUU Kamnas, Wartawan Kritis Dapat Dianggap Ancaman Nasional
Anggota Dewan Pers Wina Armada Sukardi mengatakan, RUU Keamanan Nasional (Kamnas) dapat mengkriminalisasi wartawan.(sumber foto/Antara News.com)
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Anggota Dewan Pers Wina Armada Sukardi mengatakan, RUU Keamanan Nasional (Kamnas) dapat mengkriminalisasi wartawan.(sumber foto/Antara News.com)

BugisPos —Â Dalam rancangan Undang-undang Keamanan Nasional, wartawan dan media yang kritis dapat dianggap sebagai ancaman nasional. Anggota Dewan Pers Wina Armada Sukardi mengatakan, RUU Keamanan Nasional (Kamnas) dapat mengkriminalisasi wartawan.

Selain wartawan, media massa juga terancam bisa dibredel pemerintah. “Pers yang kritis dianggap ancaman nasional. Harus diatasi secara militer. Dalam hal ini apapun alasannya harus dibasmi karena akan mengancam keamanan nasional,” kata Wina di Dewan Pers, Jakarta.

Wina menambahkan, cara penindakan media dalam RUU Kamnas berpotensi melanggar HAM. Selain itu, inti dari RUU Kamnas pun sudah ditinggalkan negara maju. Menurutnya, RUU Kamnas memberikan celah penegak hukum bertindak represif.

Sebagaimana dikutip dari Tribun Timur.com, di negara maju, terang Wina lagi, hal tersebut tidak sesuai dengan demokrasi. Pengesahan RUU Kamnas, lanjutnya, membawa Indonesia mundur dari proses demokratisasi.

“Dalam RUU Kamnas ada beberapa pasal bentuk definisi ancaman yang terlalu kritis. Jangan-jangan nanti Jakarta Lawyer Club dianggap ancaman nasional,” pungkasnya.

Sementara itu, wartawan senior Sulaiman Syakieb menjelaskan, posisi wartawan berpotensi menjadi ancaman dalam RUU Kamnas. Menurutnya, RUU itu sangat tidak layak. Sebab, wartawan bertugas bersikap kritis dari kebijakan pemerintah. Wartawan kritis, lanjutnya, dianggap ancaman nasional.

“Tidak ada alasan yang cukup untuk melanjutkan RUU ini. Sebab, independensi pers akan dikikis Kamnas,” pungkasnya.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya