HTTP Status[404] Errno [0]

Ilham : Ini Bentuk Pertanggung Jawaban Saya Bersama Pak Supomo Guntur

27 November 2012 01:54
Ilham : Ini Bentuk Pertanggung Jawaban Saya Bersama Pak Supomo Guntur
Ilham Arief Sirajuddin & Supomo Guntur
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Program IASmo Bebas yang merupakan program utama Pemkot Makassar mengalami peningkatan anggaran pada tahun 2012 ini. Total anggaran yang dipergunakan untuk membiayai tujuh item dari program IASmo bebas pada tahun ini mencapai 108 Milyar rupiah, atau naik dibanding anggaran tahun 2011 yang hanya mencapai 105 milyar rupiah.

Hal ini terungkap saat Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin saat berbicara dihadapan ratusan warga kota Makassar dari sejumlah kecamatan pada acara audit sosial yang diselenggaran oleh Yayasan Tifa bekerjasama Pemkot Makassar, di halaman kantor kecamatan Tallo, Senin 26/11/12.

” Ini salah bentuk pertanggung jawaban kami bersama Pak Supomo kepada warga kota atas perkembangan sejumlah program pembangunan yang kami laksanakan selama ini ” ujar Ilham saat memberikan pemaparan sejumlah program yang telah dilaksanakan.

Sejumlah item yang ada di program Iasmo Bebas yakni pelayanan ibu bersalin, program pendidikan bersubsidi penuh, bebas biaya pemakaman dan angkutan jenazah, bebas biaya KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, dan Akte Kematian, Perlengkapan Mayat, Angkutan gratis anak sekolah, serta bantuan hukum gratis.
Ditempat ini, Ilham juga menjelaskan terkait capaian Indeks Pembangunan Manusia ( IPM ) kota Makassar yang tertinggi di seluruh kabupaten kota di Sulsel serta berhasil menempati posisi tujuh tertinggi diantara 498 kabupaten kota se Indonesia.

” Sebagai penduduk propinsi sulawesi selatan, tentunya kita sedih karena IPM kita stagnan di angka 19 dari 33 propinsi di Indonesia. Namun sebagai penduduk kota Makassar, menjadi yang terbaik di sulsel serta masuk tujuh besar terbaik di Indonesia adalah hal yang membanggakan kita semua ” ujar Ilham yang disambut aplaus ratusan hadirin.

Beberapa waktu lalu,Yayasan Tifa Foundation memaparkan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar merupakan pemerintah daerah paling terbuka dan paling berani untuk diaudit sosial di antara kabupaten dan kota se-Indonesia.

“Kami mengapresiasi khusus kepada Pemkot Makassar atas keberaniannya membuka diri untuk diaudit. Dari 524 kabupaten kota di 33 propinsi di Indonesia, Kota Makassarlah yang paling berani untuk diaudit secara terbuka sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada publik,” ujarnya waktu itu.

Audit sosial yang hadiri sejumlah pemangku kepentingan juga melibatkan masyarakat secara langsung untuk menilai sejauh mana keberhasilan program-program pemerintah yang berlangsung selama ini.

Selain memaparkan hasil kinerja pemerintah Kota Makassar, Ilham juga membuka dialog interaktif kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat menanyakan secara langsung kekurangan dari program Ɣªŋğ selama ini dijalankan khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.
Untuk segi pendidikan menurut Ilham, indikator keberhasilan pendidikan adalah tingkat kelulusan siswa.
” Tingkat kelulusan Siswa SD, SMP, dan SMA hingga saat ini telah mencapai angka 99,7 persen. Sedangkan dari segi kesehatan, angka harapan hidup menjadi indikator, Ɣªŋğ dari tahun ke tahun mengalami peningkatan Ɣªŋğ sangat signifikan” jelasnya.

Namun, beberapa kendala Ɣªŋğ dihadapi dikarenakan keterbatasan kewenangan dari Walikota khususnya dibidang kesehatan. Hal ini diungkapkannya saat menjawab salah satu pertanyaan warga dalam dalam dialog interaktif, dimana seorang warga, Supeni, mewakili kecamatan Ujung Tanah, mengelukan masih minimnya pelayanan Ɣªŋğ diperolehnya sewaktu berobat di RS Labuang Baji. “Benar program Ɣªŋğ diberikan gratis, namun pelayanan Ɣªŋğ berikan pun sangat kurang, dan terkesan diacuhkan. Saya sangat mengharapkan adanya perbaikan dari segi pelayanan,” tutur Supeni.

Seperti diketahui, beberapa rumah sakit yang berdomisili di Kota Makassar merupakan wenangan dan tanggung jawab dari pemerintah propinsi sulsel, termasuk rumah sakit Labuang Baji. Rumah Sakit yang berada dalam tanggung jawab pemkot Makassar, hanya RS Daya dan puskesmas (una)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya