HTTP Status[404] Errno [0]

Piala AFF, Gol Andik Vermansyah Sejarah Baru Timnas

28 November 2012 18:48
Piala AFF, Gol Andik Vermansyah Sejarah Baru Timnas
Timnas Merah Putih menekuk Singapura 1-0, Rabu sore (28/11/2012) di Stadion Bukit Jalil malaysia dalam ajang AFF Cup 2012.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Timnas Merah Putih menekuk Singapura 1-0, Rabu sore (28/11/2012) di Stadion Bukit Jalil malaysia dalam ajang AFF Cup 2012.

BugisPos —Â Gol semata wayang dari Andik Vermansyah, merupakan sejarah baru bagi Timnas Merah Putih bila berhadapan dengan Singapura. Timnas Indonesia akhirnya mengubur rekor buruk melawan Singapura.

Dalam lanjutan laga Grup B Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalil, malam tadi, skuat Garuda mengalahkan Singapura 1-0. Misi mematahkan catatan buruk pun berjalan sukses lewat persembahan gol Andik Vermansyah.

Tim Merah Putih menunjukkan konsistennya menjaga penampilan. Meskipun sempat tertekan di babak pertama, timnas kemudian membalikkan keadaan di babak kedua.

Setelah berulang kali mengancam gawang The Lions–julukan Singapura–, tim polesan Nil Maizar layak berterima kasih pada Andik lewat gol tunggalnya pada menit 88. Gol Andik tercipta melalui sepakan jarak jauh yang menembus gawang Singapura.

Hasil manis ini sangat bermakna karena merupakan kemenangan pertama Indonesia atas Singapura dalam 14 tahun terakhir. Yang lebih penting lagi adalah raihan tiga poin ini memperbesar peluang Indonesia melaju ke semifinal.

Indonesia kini mengumpulkan 4 poin dan menggeser Singapura yang nilainya 3. Timnas hanya butuh hasil seri melawan Malaysia untuk lolos ke empat besar.

Nil Maizar membuat keputusan berani dengan menyimpan Bambang Pamungkas dan Andik Vermansyah. Posisi kedua pemain pilar tersebut digantikan oleh M Rahmat dan pemain gaek Elie Aiboy.

Strategi ini sengaja dilakukan agar Irfan Bachdim dkk bisa meraup poin penuh setelah laga sebelumnya Indonesia bermain imbang 2-2 melawan Laos.

Seperti diprediksi sebelumnya, pertandingan Timnas Indonesia vs Singapura berjalan cukup ketat. Hingga babak pertama usai, kedudukan masih imbang 0-0.

Laga kedua tim berlangsung sengit. Wasit Ali Hasan sembilan kali merogoh kantongnya, mengeluarkan kartu kuning. Dua diantaranya untuk pemain Singapura, Irwansyah, yang lantas diusir dari lapangan karena dihadiahi kartu merah.

Seperti yang dikutip dari FAJAR online, pada babak kedua, Nil Maizar mencoba menaikkan tempo dengan memasukan Andik Vermansyah. Pemain Persebaya Surabaya itu menggantikan kapten kesebelasan Elie Aiboy.

Laga babak kedua, permainan dikuasai Irfan Bachdim dkk. Di lini depan, Bambang Pamungkas dipasang, menggantikan Rahmat.

Hasilnya cukup positif. Andik yang mengisi posisi sayap kanan dengan cepat langsung beradaptasi dengan pemain-pemain lainnya. Akselerasi Andik berbuah kartu merah buat lawan.

Menit ke-66 Singapura harus bermain dengan 10 orang karena bek kiri tim negeri tetangga itu, Irwansyah, mendapat kartu merah. Timnas Indonesia unggul jumlah pemain.

Garuda akhirnya memecah kebuntuan. Andik Vermansyah berhasil menciptakan gol lewat tendangan bebas di menit ke-88. Tendangan lambungnya tak terjangkau Izwan Mahmud, kiper Singapura. Stadion Bukit Jalil bergemuruh suara suporter Merah-Putih.

Indonesia belum menyerah. Akhirnya, Indonesia berhasil membobol gawang Singapura pada menit ke-88. Tendangan bebas Andik Vermansyah jauh dari luar kotak penalti meluncur deras ke pojok kiri atas gawang Singapura tanpa bisa diantisipasi Mohamad Izwan Mahbud. Gol itu pun memateraikan kemenangan Indonesia 1-0.

Andik senang bisa merobek jala gawang Singapura sekaligus mempersembahkan kemenangan mengantarkan bagi skuat Garuda atas Singapura. Gelandang Persebaya Surabaya ini berharap masyarakat bisa terus memberikan dukungan bagi timnas demi memenuhi ambisi meraih juara.

“Masyarakat boleh membenci PSSI. Tapi, jangan membenci timnas karena kami mengharapkan dukungan dari masyarakat Indonesia,” kata Andik.

Andik mencetak gol yang sangat cantik pada menit ke-88. Jauh dari luar kotak, dia bertindak sebagai eksekutor tendangan bebas. Bola meluncur deras ke pojok kiri atas gawang Singapura tanpa bisa diantisipasi kiper Mohamad Izwan Mahbud.

Hasil ini cukup bersejarah karena ini merupakan kemenangan perdana Indonesia atas Singapura dalam 14 tahun terakhir. Indonesia selanjutnya akan menantang rival abadinya Malaysia pada pertandingan terakhir di Stadion Bukit Jalil, Sabtu nanti. Timnas wajib meraih angka penuh demi memastikan tiket semifinal.

“Kita masih harus memperbaiki beberapa hal terutama finishing akhir,” ujarnya.(gafar)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya