HTTP Status[404] Errno [0]

SMP 30 Makassar, Sekolah Berbasis 3R

30 November 2012 01:16
SMP 30 Makassar, Sekolah Berbasis 3R
Gedung SMP 30 Makassar
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Gedung SMP 30 Makassar

BugisPos — Sekolah Menengah Pertama (SMP) 30 Makassar dicanangkan sebagai sekolah berbasis 3R (Reuse, Reduse dan Recycle). Gerakan sekolah berbasis 3R ini merupakan program kerjasama pemerintah kota melalui dinas pendidikan dengan pertamina dan lembaga pendidikan Gajah Mada. Pencanangan dilakukan Walikota Ilham Arief Sirajuddin, Kamis (28/11) di halaman SMPN 30 Makassar wilayah BTP Tamalanrea.

Program 3R merupakan pendidikan dini bagi anak sekolah untuk menjaga kebersihan lingkungan, dengan jalan menjadikan SMP 30 sebagai proyek percontohan sekolah berbasis lingkungan. Penetapan sekolah ini didasarkan prestasi sekolah yang terletak di bilangan BTP Tamalanrea dalam bidang lingkungan hijau cukup membanggakan. Dalam lomba sekolah hijau tahun 2011 lalu menempatkan sekolah ini sebagai juara se-Makassar.
Sementara peran Pertamina dalam program 3R ini dengan menyumbangkan 5 unit rekomposer untuk digunakan di sekolah tersebut.
GM Pertamina Wilayah Sulsel, Ageng Budiono menyatakan, kepedulian Pertamina akan kelestarian dan penghijauan lingkungan merupakan komitmen yang terbangun sejak dulu. “Kita mendukung setiap langkah penghijauan dan pelestarian lingkungan. Apalagi ini disasar pada anak usia sekolah yang akan menumbuhkan jiwa cinta lingkungan sejak dini,”ujar Ageng.
Walikota menyambut gembira pencanangan salah satu sekolah di daerahnya. Ini menjadi salah satu upaya Makassar untuk menempatkan diri sebagai daerah berwawasan lingkungan hijau.
“Kita terus menggenjot upaya untuk menjadikan Makassar sebagai kota berbasis lingkungan, berbagai program telah kita luncurkan seperti Makassar Green n Clean (MGC), Mabasa (Makassar Bebas Sampah) dan kali ini penetapan sekolah hijau,” ujar Ilham.
Sementara pemrakarsa gerakan 3R, dari Yayasan Peduli Negeri (YPN), Syahruddin Ridwan menyatakan, sinergi yang telah terjalin antara yayasan, pemkot dan beberapa perusahaan publik telah menciptakan beberapa langkah-langkah konkrit untuk menjadikan Makassar sebagai kota penerima Adipura.
“Meski hingga saat ini belum tercapai, namun langkah-langkah terus kita upayakan. Ini juga untuk membantu pemerintah mewujudkan Makassar sebagai kota dunia,” ujar Syahruddin (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya