HTTP Status[404] Errno [0]

Bank Dunia Siap Kembangkan Sungai Tallo

01 December 2012 01:25
Bank Dunia Siap Kembangkan Sungai Tallo
Muara Sungai Tallo
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Muara Sungai Tallo

BugisPos — Rencana pengembangan kawasan aliran Sungai Tallo untuk dijadikan kawasan pariwisata dan pengembangan sarana transportasi di atas air oleh Bank Dunia semakin mantap dilaksanakan. Setelah awal bulan November lalu mereka melakukan audiensi di ruang kerja Walikota Makassar, Jumat 30/11/12 ini, giliran Direktur Urusan Asia Pasifik Bank Dunia, John Roomer yang bertandang ke Balai Kota untuk membahas kelanjutan proyek tersebut.
Roomer yang didampingi Sektor Manajer WB Jakarta, Franz Der Gros dan Arief Mulya Ramadhian, Â diterima Kepala Bappeda Kota Makassar, Ibrahim Saleh, didampingi sejumlah instansi terkait dan beberapa camat yang dilalui aliran sungai terbesar yang membelah Makassar itu.

Sesuai rencana awal, pembenahan kawasan aliran sungai Tallo, nantinya akan menjadi salah satu proyek andalan Pemerintah Kota, akan diawali dengan studi kelayakan (feasibility study) pada awal Desember ini. Ibrahim Saleh menyatakan, Pemerintah Kota sepenuhnya akan memberikan dukungan atas proyek garapan Bank Dunia tersebut.

“Untuk itu kita libatkan seluruh instansi terkait mulai Dinas Perhubungan, Dinas Tata Ruang, Dinas Pariwisata dan 3 camat yang dilewati aliran sungai ini yakni Kecamatan Tamalanrea, Kecamatan Tallo dan Kecamatan Panakukang. Kita ingin kegiatan ini dilakukan secara komprehensif karena proyek yang digarap rencananya juga akan meliputi bidang transportasi air, kawasan pariwisata dan perumahan,” ujar Ibrahim.

Pengerjaan proyek yang diawali studi kelayakan akan berlangsung selama  4 bulan mulai Desember 2012 hingga April 2013 untuk menghasilkan laporan awal.  Rencananya proyek ini akan mencakup areal sepanjang 16 km, mulai dari bagian hulu sungai Tallo di sekitar daerah Antang Bukit Baruga hingga ke hilir mencakup kawasan wisata Pulau Lakkang di Kecamatan Tallo.

“Kita telah siapkan tim ahli yang terdiri dari ahli hidrologi, ekologi, ekonomi dan ahli hukum serta bidang lain yang terkait yang  turun ke lapangan untuk pengerjaan feasibility study-nya,” ujar John Roomer.

Pembenahan sungai Tallo ini menjadi jawaban bagi kebutuhan masyarakat akan ketersedian sarana transportasi di kota Makassar. Proyek ini juga diharapkan akan memberikan solusi bagi pemenuhan transportasi masyarakat, dengan mengalihkan transportasi darat ke transportasi di atas air. Ini akan sangat menarik juga atraksi pariwisata, sekaligus memecahkan masalah polusi akibat kendaraan bermotor yang semakin padat di kota Makassar (una)

Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya