HTTP Status[404] Errno [0]

Kapolda dan Pangdam VII/Wrb Janji Netral dalam Pilgub

01 December 2012 01:25
Kapolda dan Pangdam VII/Wrb Janji Netral dalam Pilgub
Kapolda Sulselbar Irjen Polisi Mudji Waluyo (kanan) dan Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Muhamad Nizam (kiri) berjanji akan bersikap netral dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang akan dihelat tanggal 22 Januari 2013.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Kapolda Sulselbar Irjen Polisi Mudji Waluyo (kanan) dan Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Muhamad Nizam (kiri) berjanji akan bersikap netral dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang akan dihelat tanggal 22 Januari 2013.

BugisPos — Kapolda Sulselbar Irjen Polisi Mudji Waluyo dan Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Muhamad Nizam berjanji akan bersikap netral dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang akan dihelat tanggal 22 Januari 2013.  Bukan hanya pada moment pilgub, namun setiap perhelatan pemilihan kepala daerah kedua petinggi TNI-AD dan Polda Sulselbar ini menyatakan siap berlaku netral dan hanya mengutamakan tugas-tugas pengamanan.

Saat dikonfirmasi, Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Muhamad Nizam berjanji siap melaksanakan perintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Netralitas aparat TNI, kata dia, telah diatur dengan seksama menurut hukum dan undang-undang yang berlaku.

“Jadi, sudah jelas, anggota TNI itu harus netral. Perintah SBY pun sudah sangat jelas bagi kami. Oleh karena itu, sosialisasi pada seluruh anggota telah dilakukan,” sebut Muhamad Nizam.

Jenderal bintang dua ini mengatakan, sosialisasi yang dilakukan pada aparat TNI AD di bawah koordinasi Kodam VII Wirabuana meliputi seluruh upaya tindakan/kegiatan yang dapat mencederai hukum dan undang-undang dan etika kepatutan.

“Kita secara bersama-sama harus menjaga jarak, tidak memihak pada salah satu calon pun. Namun bukan berarti memutuskan silaturahmi. Tetap menjalankan tugas pengamanan dan tanggung jawab, sesuai batas kepatutan,” katanya.

Sementara itu, Kapolda Sulselbar Irjen Pol Mudji Waluyo, juga jauh hari sebelumnya telah berkomitmen untuk menjaga netralitas tersebut. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulsel AKBP Endi Sutendi, menjelaskan, Kapolda telah menginstruksikan kepada semua jajarannya di Polda Sulselbar untuk bersikap netral selama pilkada dan pemilu.

“Instruksi itu disampaikan melalui telegram, media massa, dan media komunikasi lainnya,” kata Endy yang dihubungi FAJAR, Jumat 30 November.
Soal Pilkada Sulsel yang tengah berlangsung, kata dia, Polda tidak berpihak pada siapapun, dan terus bertugas sesuai aturan undang-undang dan etika.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan para Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) di Indonesia untuk berperan netral dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang.

Presiden memerintahkan Pangdam dan Kapolda berperan aktif menyosialisasikan dan mempersiapkan masyarakat sehingga pemilu ke depan dapat jauh lebih baik dari sebelumnya.

“Semua abdi negara, TNI dan Polri harus benar-benar netral dan mendidik. Tidak berpihak dan jangan melakuan sesuatu yang keluar dari aturan UU dan etika. Pegang teguh etika politik dan norma batas kepatutan. Tetap mengutamakan tugas dan tanggung jawab kita sebagai pejabat pemerintah,” ujar SBY saat memberi pengarahan kepada seluruh kepala daerah, Pangdam, dan Kapolda seluruh Indonesia di Hotel Sahid Jakarta, Jumat, (30/11/2012), sebagaimana dikutip dari FAJAR online.

SBY meminta pemda agar lebih baik lagi membina koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum. Dan itu dilakukan harus tetap dalam koridor hukum serta perundang-undangan yang berlaku. Agar jangan sampai, niat baik pemerintah menyukseskan pemilu di daerah nantinya justru dianggap terlalu mencampuri KPU dan Bawaslu baik di pusat maupun daerah.

“Oleh karena itu, pastikan yang saudara lakukan sesuai dengan yang diatur UU,” tegasnya.

“Saya berharap semua mengambil tanggung jawab penuh, bukan beban tapi amanah. Semua harus benar-benar bertanggung jawab di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Selain memberi arahan, pada kesempatan kali ini Presiden juga menguatkan semangat para kepala daerah. Ia meminta para kepala daerah untuk tegar menghadapi segala tantangan yang ada. (gafar)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya