HTTP Status[404] Errno [0]

Sulsel Perlu Siap Menyongsong AFTA 2015

01 December 2012 09:43
Sulsel Perlu Siap Menyongsong AFTA 2015
Gubernur Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyatakan Sulsel harus menyongsong perdagangan bebas negara-negara Asia Tenggara (ASEAN Free Trade Area/AFTA) pada 2015 mendatang.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Gubernur Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyatakan Sulsel harus menyongsong perdagangan bebas negara-negara Asia Tenggara (ASEAN Free Trade Area/AFTA) pada 2015 mendatang.

BugisPos — Gubernur Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta kepada seluruh stake holder di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk siap menghadapi perdagangan bebas negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN Free Trade Area/AFTA) pada 2015 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Syahrul YL usai mengikuti rapat koordinasi dengan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Jakarta, Jumat, 30 November.

Menurut SYL, pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean, memang harus dihadapi masyarakat Sulsel. Pasalnya, ketika pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN maka arus lalu lintas barang, jasa, investasi, modal, dan lainnya akan bebas masuk dan keluar di semua negara ASEAN.

“Karena itu, Sulsel khususnya bagian dari Indonesia juga harus siap, menyambut persaingan. Kami harus mampu menyiapkan infrastruktur yang memadai, Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal, dan pelaku usaha yang mampu membaca perkembangan pasar,” kata SYL.

Tidak hanya itu, sebagaimana dikutip dari Cakrawala online,  kata Syahrul lagi, harus didukung kebijakan akan insentif tertentu yang ditindaklanjuti dengan sosialisasi, mengkomunikasikan kebijakan yang betul, dan konsisten serta tertata antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah.

“Tujuan akhirnya, Sulsel dapat bersaing dan berperan dalam meningkatkan ekonomi daerah, dengan keterbukaan peluang masuk dalam pasar ASEAN,” tegasnya.

Sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Syahrul telah meminta kepada seluruh gubernur se-Indonesia untuk terus melakukan koordinasi dengan baik, sehingga AFTA 2015 mendatang bisa disonsong dengan sigap dan akhirnya Indonesia tidak keteteran menghadapi persaingan dengan negara lain di ASEAN ke depan.(gafar)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya